PDIP Cari Teman Koalisi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » PDIP Cari Teman Koalisi

PDIP Cari Teman Koalisi

Written By ayah satria on Selasa, 07 Februari 2017 | 13.30.00

PURWAKARTA,RAKA - Meski tahapan Pilkada Purwakarta relatif masih jauh, yaitu pada tahun 2018 mendatang, namun sejumlah manuver terus dilakukan partai politik di Purwakata. Seperti yang dilakukan para kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang menggelar silaturahmi dengan sejumlah partai politik di Purwakarta dan tidak menutup kemungkinan akan melakukan koalisi dengan partai-partai tersebut.
"Mengawali agenda silaturahmi dengan semua parpol di Purwakarta, kita sambangi DPD Partai Golkar Purwakarta. Dalam politik, silaturahmi adalah sebuah keharusan, dengan apa dan siapapun itu," ujar Ketua Badan Pemenangan Pemilu (BP-Pemilu) DPC PDIP Purwakarta, A. Harist Yogie, di Jalan Veteran, Senin (6/2).
Menurutnya, hal ini merupakan salah satu agenda partai menjelang pilkada. PDIP akan melakukan silaturahmi ke semua parpol. "Membuka komunikasi politik, dan membuka berbagai kemungkinan lain, termasuk koalisi," ujarnya.
Sementara, tambah Yogie, sebagai partai milik rakyat, PDIP membuka pintu selebar-lebarnya untuk semua lapisan masyarakat yang akan bergabung ataupun hanya untuk sekedar silaturahmi ke DPC PDIP Purwakarta. "Kita buka pintu selebar-lebarnya untuk semua lapisan masyarakat Purwakarta, PDIP milik rakyat Purwakarta," ujarnya.
Di tempat yang sama, Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Purwakarta, Lalam Martakusumah, bersama jajaran pengurus DPD lainnya, menyambut baik kedatangan sejumlah pengurus PDIP. Suasana akrab dan kekeluargaan terlihat dalam pertemuan tersebut. "Pada prinsipnya, Partai Golkar membuka ruang selebar-selebarnya untuk semua kalangan untuk bersilaturahmi. Berkaitan dengan partai politik, apapun itu yang sejalan dengan visi dan misi partai, kita siap membuka komunikasi. Apalagi, untuk Purwakarta kedepan yang lebih istimewa lagi," ujar Lalam.
Di tempat terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta, Deni Ahmad Haidar, menargetkan tahapan Pilkada Purwakarta yang digelar serentak dengan Pilgub Jabar akan dimulai pada Agustus 2017 mendatang. Sedangkan, pelaksanaan Pilkada Purwakarta yang masuk dalam pilkada serentak bersama 16 kabupaten/kota lain di Jabar akan dilaksanakan pada bulan Juni 2018. "Tahapan pilkada serentak di wilayah Jabar dimulai Agustus 2017, selain kabupaten Purwakarta, ada 15 kabupaten/kota lainnya di Jabar dan pemilihan gubernur juga akan diselengarakan secara serentak pada bulan Juni 2018," kata Deni.
Tahap awal, akan dimulai rekrutmen penyelenggara ad hoc seperti rekrutmen anggota PPK dan PPS. "Tahapannya diawali dengan pemilihan penyelenggara ad hoc, yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan menyusun regulasi turunan dari UU dan peraturan KPU RI, jadwal pemungutan dan penghitungan suara sekitar bulan Juni 2018," ujarnya.
Deni menjelaskan, untuk pengusungan calon kepala daerah dari partai politik atau gabungan partai politik, syaratnya minimal 25 persen dari jumlah perolehan suara atau 20 persen dari jumlah kursi legislatif. Sementara untuk calon independen di Purwakarta, harus mendapat dukungan masyarakat minimal 48 ribuan KTP atau 7,5 persen dari DPT. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template