Paska Banjir, Pasien Puskesmas Dengklok Meningkat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Paska Banjir, Pasien Puskesmas Dengklok Meningkat

Paska Banjir, Pasien Puskesmas Dengklok Meningkat

Written By Mang Raka on Kamis, 23 Februari 2017 | 13.00.00

RENGASDENGKLOK, RAKA - Selain banjir air yang menggenang, Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas Rengasdengklok kebanjiran job. Pasalnya jumlah kunjungan masyarakat ke puskesmas meningkat. Peningkatan ini akibat daya tahan tubuh masyarakat yang menurun. Hal ini disebabkan  banjir yang melanda wilayah Kecamatan Rengasdengklok beberapa hari terakhir.
Dokter Puskesmas Rengasdengklok Ahmad Sopian mengatakan, peningkatan masyarakat yang berobat ke pUskesmas meningkat setelah musim hujan dan banjir yang melanda sebagian wilayah Kecamatan Rengasdengklok, terutama penyakit Ispa, diare, kutu air, jamur, dan tifus. Mengingat kondisinya yang banjir, hal dianggap wajar saja, namun masyarakat diimbau harus bisa dan lebih pintar menjaga kesehatan. "Semenjak musim banjir datang, ada peningkatan yang signifikan diraskan UGD Puskesmas Rengasdengklok. Berhubung di sini UGD, untuk penyakit yang dianggap parah saja, kebanyak dari masyarakat yang berobat itu mengidap penyakit tifus dan diare, namun dipoli itu kebanyakan Ispa," katanya, kepada Radar Karawang.
Dengan kondisi seperti sekarang ini, lanjut dia, tim puskesmas akan terus berupaya menjemput bola dengan melakukan pusling dan penyuluhan-penyuluhan. ia berharap masyarakat lebih bisa menjaga kesehatannya, menjaga daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup dan pola makan yang sehat, dan juga harus bisa mengendalikan  pikiran agar tidak terlalu stres. "Saya harap masyarakat jangan terlalu stres memikirkan bencana ini, yang penting jaga kesehatan dan pola makan yang sesuai dengan 4 sehat 5 sempurna, karena kita akan terus berupaya untuk melakukan tindakan preventif seperti pencegahan dan pusling, kuratif yaitu pengobatan di sini di puskesmas, dan promotif seperti penyuluhan," ujarnya.
Hal senada dikatakan dokter lainnya, Dr Debby A, dengan kondisi cuaca yan tidak bisa diprediksi, tentunya daya tahan tubuh masyarakat akan mudah menurun. Namun ia mengimbau kepada masyarakat, agar bisa menjaga kesehatannya dengan baik dan menjaga pola hidup yang sehat. "Sebisanya hindari dari sumber penyait yang memang sedang melanda, maka dari itu kita harus pintar-[intar menjaga kesehatan," pungkasnya. (mg3)


Penyakit yang menyerang warga Dengklok
Tifus : 26 Kasus
Asma : 16 Kasus
Diare : 10 Kasus
TB Paru :  5 kasus
Ispa :  2 Kasus
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template