Panen Padi di Cariu Masih Tradisional - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Panen Padi di Cariu Masih Tradisional

Panen Padi di Cariu Masih Tradisional

Written By Mang Raka on Jumat, 24 Februari 2017 | 16.00.00

KOTABARU, RAKA - Para petani di Dusun Cariu RT 09/RW 05, Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, masih menggunakan cara tradisional saat merontokan gabah.
Seorang petani, Iyas (63) mengatakan, dunia pertanian kian memberikan tantangan tersendiri baginya. Pasalnya bukan hanya hama wereng yang menimpa sawah miliknya, hujan terus menerus menyulitkan dirinya ketika panen. "Saya sudah lama di dunia pertanian. Sejak muda. Jadi tahu cara semuanya untuk meminimalkan hambatan yang datang seperti wereng," ucapnya kepada Radar Karawang, Kamis (23/2) kemarin.
Pertanian baginya telah mendarah daging. Sekalipun usianya sudah tidak muda lagi. "Alhamdulillah sekali panen di sawah yang saya sewa, tidak kurang hasilnya dari 15 kwintal. Belum di sawah sendiri," ucapnya.
Dirinya lebih senang menggunakan alat yang tradisional seperti merontokan gabah dengan cara menggebot. Meski diakuinya lebih lama dibanding menggunakan alat rontok, tapi cara tradisional tidak boleh hilang. "Sawah sempat diminta untuk dijual oleh anak, untuk dibelikan mobil. Namun saya masih sanggup untuk mengurus, jadi saya masih sawahi," ucapnya.
Ia juga mengatakan, bukan hanya pertanian yang telah ia geluti, namun usaha membuka minyak tanah pada tahun 2007 silam juga pernah digelutinya. Tahun 2007 muncul gas bersubsidi, dirinya beralih usaha yang hingga sampai saat ini masih ditekuni. "Saya berharap pertanian jangan sampai beralih fungsi menjadi perumahan-perumahan," ucapnya.
Petani yang membantu Iyas, Nasim (60) mengatakan, biasanya dia berprofesi sebagai penjual kandang ayam. "Saya kebetulan lagi nganggur, terus diajak buat ngambilin padi sama tetangga pak Iyas," ucapnya. (mg2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template