Padi Sawah Ciwaringin Rebah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Padi Sawah Ciwaringin Rebah

Padi Sawah Ciwaringin Rebah

Written By Mang Raka on Sabtu, 18 Februari 2017 | 13.30.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Sama seperti di musim rendeng sebelumnya, masa panen di musim gadu di golongan air 1 dan 2 di Lemahabang dan Tirtamulya juga dilanda rebah akibat angin kencang dan hujan dengan intensitas tinggi.

Petani Desa Ciwaringin, Jali (40), belum lama ini mengatakan, sama seperti musim rendeng, tidak disangka dimusim panen gadu ini juga tanaman padi rebah. Hal ini terjadi akibat angin yang terjadi beberapa hari terakhir, bahkan disertai hujan, sehingga batang-batang padi varietas Ciherang dan Mekongga ini rebah. Parahnya kondisi sawahnya juga basah. Akibat kejadian ini, antisipasi petani dengan tambal sulam menegakan kembali batang-batang tanaman yang sebenarnya kurang dari 5 harian lagi siap panen. "Sudah diserang hama wereng, banjir, eh tanamannya juga rebah," keluhnya.
Senada itu Sariah (50), menurutnya, produksi per hektar sawah saat ini hanya dikisaran 5 ton dengan harga yang rendah dibawah HPP, yaitu Rp 3 - 3,7 ribu per kilogramnya. Hal ini, karena selain serangan wereng dan kondisi gabah yang basah, juga akibat batang-batang tanaman juga tertimpa rebahan tersapu angin. Akibatnya, petani menegakan satu persatu batang tanamannya karena merunduk banyak, lebih parahnya bulir-bulir padi juga terendam akibat rebah tersebut. "Rebahnya juga merendam bulir-bulir gabah, sehingga basah dan tidak laku dijual," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template