O2SN, Sekolah Diminta Bersaing Sehat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » O2SN, Sekolah Diminta Bersaing Sehat

O2SN, Sekolah Diminta Bersaing Sehat

Written By ayah satria on Sabtu, 04 Februari 2017 | 13.30.00

JAYAKERTA, RAKA - Dalam rangka menjaring bibit muda yang berpotensi, Unit Pelaksana Tingkat Daerah (UPTD) Pendidikan Sekolah Dasar (SD) Kecamatan Jayakerta, menggelar rapat pembentukan panitia Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Olimpiade Sains Nasional (OSN). Setiap sekolah diminta agar berkompetisi secara sehat tanpa mengedepankan gengsi dan ego sekolah yang berlebihan. Kendati pun dengan keadaan tempat tanpa langit-langit atap yang terlihat kumuh, namun rapat persiapan O2SN dan OSN tetap berlangsung dan berjalan sampai selesai.
"Dalam rapat pembentukan panitia O2SN dan OSN ini, pertama-tama kita tekankan kepada seluruh kepala sekolah ataupun perwakilannya yang hadir, agar bisa bersaing dengan cara sehat, karena perhelatan ini tujuannya untuk mencari bibit muda yang berprestasi," kata Penillik Kecamatan Jayakerrta H Tabroni, saat ditemui Radar Karawang, Jumat (3/2) kemarin, di kantor UPTD Kecamatan Jayakerta.
Persiapan pelaksanaan kegiatan yang bersifat kompetisi siswa tersebut, digelar lebih awal agar persiapan O2SN dan OSN benar-benar matang. Selain itu, ditekankan kepada seluruh sekolah harus benar-benar sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, panitia diwajibkan untuk orang yang ahli dibidangnya, seperti para guru olahraga yang berkompeten. Pasalnya, perhelatan O2SN dan OSN ini sering dijadikan ajang gengsi sekolah, yang padahal tujuan dari O2SN dan OSN ini yakni memilih bibit muda yang berprestasi untuk dipertandingkan di tingkat yang lebih tinggi. "Karena tujuan dari O2SN dan OSN ini, murni pencarian bakat siswa untuk dilombakan dalam tingkat yang lebih tinggi, kalau di bawahnya sudah dirusak dengan cara jujur dan adil, bagaimana siswa bisa bersaing di tingkatan yang lebih tinggi." ungkapnya.
Ia melanjutkan, perhelatan yang melibatkan semua SD di Kecamatan Jayakerta ini, harus menjadi moment perekrutan siswa berprestasi yang ideal, di mana siswa harus benar-benar menguasai tanpa ada campur tangan pihak yang mengedepankan gengsi sekolah dan egonya. "Kalau gengsi untuk menjadi yang nomor satu pasti ada, apalagi bagi sekolah-sekolah yang besar, namun bersainglah dengan cara sehat, jangan karena gengsi sekolah, malah merusak kreatifitas siswa yang ada," ujarnya.
Di tempat yang sama, Jatmo Sudrajat S.Pd, Kepala SDN Jayamakmur 1 menambahkan, selain semua jenis olahraga yang akan dipertandingkan, pun bidang akademiknya juga menjadi satu pillihan untuk dipertandingkan, jenis perlombaan OSN dari bidang akademik juga menjadi salah satu fokus UPTD dalam upaya pengembangan bakat siswa, agar siswa termotivasi dalam meningkatkan kualitas belajarnya. "Kalau dari O2SN-nya itu dari semua jenis olahraga yang sudah biasa dipertandingkan, untuk OSN-nya kita adakan lomba calistung dan matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA)," pungkasnya. (mg3)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template