New Ertiga Diesel Hybrid Semakin Irit - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » New Ertiga Diesel Hybrid Semakin Irit

New Ertiga Diesel Hybrid Semakin Irit

Written By Mang Raka on Kamis, 09 Februari 2017 | 13.00.00

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan versi low MPV terbarunya, Ertiga Diesel Hybrid. Peluncuran dilakukan di U-Thai Resto kawasan SCBD, Jakarta, kemarin (7/2). Produk ini tidak berbeda jauh dengan Ertiga sebelumnya. Desain maupun interior tidak ada yang berubah. Yang membedakan hanyalah dapur pacu yang mengusung mesin diesel (berbahan bakar solar) berbahan berkode D13A.
Seperti diketahui, Ertiga diesel sebelumnya hanya dipasarkan di India. Berbeda dengan versi sebelumnya yang mengusung mesin bensin 1.400cc, New Ertiga Diesel Hybrid memiliki kapasitas mesin 1.300cc DOHC. Selain itu, versi terbaru ini dilengkapi dengan teknologi Diesel Direct Injection System (DDis). Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga hingga 89 PS pada 4.000rpm, dan torsi 200Nm pada 1.750 rpm. Efisiensi mesin ini pun makin meningkat dengan penerapan sistem Hybrid, yang merupakan teknologi satu-satunya yang digunakan pada low MPV. Teknologi hybrid ini akan bekerja sekaligus mengisi baterai yang dibantu oleh Integrated Starter Generator (ISG). Teknologi ini memiliki dua fungsi berbeda. Pertama sebagai genarator untuk menangkap dan menyimpan energi ke baterai saat berkendara dalam fase deselerasi (perlambatan). Kedua berfungsi sebagai motor yang akan memberikan tambahan daya ke mesin saat berakselerasi. Dengan teknologi ini, getaran mesin akan lebih halus pada saat restart. Efeknya, konsumsi BBM lebih irit dibanding mesin bensin atau konvensional. Hal itu terbukti dari pengujian dan tes yang dilakukan di BT2MP-BPPT, Januari lalu. " Hasil pengujian tersebut menyatakan konsumsi BBM mencapaib22,6 km/liter," kata Deputy Managing Director 4W PT SIS, Setiawan Surya, dalam konferensi persnya, kemarin.
Di bagian interior sendiri tidak mangalami perubahan yang berarti. New Ertiga Diesel Hybrid tetap dilengkapi AC dan heater, day night mirror, serta gear shift indicator. Dari segi kenyamanan dan keamanan, mobil ini dilengkapi ABS-EBD, Dual SRS Air Bag & Leveling lamp Feature. Serta parking sensor empat titik, dan rear defogger (kaca anti kabut). New Ertiga Diesel Hybrid, ditawarkan dengan tiga pilihan warna, superior white, granite grey metallic, dan silky silver metallic. Untuk harga, mobil ini dibanderol Rp216,5 juta (OTR Jabodetabek). "Peluncuran New Ertiga Diesel Hybrid ini upaya kami memberikan inovasi kepada masyarakat Indonesia," kata Setiawan.(rls/dkw)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template