Nelayan Dapat Bantuan Kapal Motor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Nelayan Dapat Bantuan Kapal Motor

Nelayan Dapat Bantuan Kapal Motor

Written By Mang Raka on Senin, 27 Februari 2017 | 16.00.00

- TPI Betokmati Diminta Diaktifkan Lagi

CILEBAR, RAKA - Nelayan Betokmati, Kecamatan Cilebar meminta Tempat Pelelangan Ikan (TPI) diaktifkan kembali, pasalanya TPI yang beralamat di Dusun Mekarjati, Desa Pusakajaya Utara, Kecamatan Cilebar ini, merupakan tempat yang paling berpengaruh dalam perkembangan atau kemunduran ekonomi masyarakat. Apalagi, dengan diturunkannya 2 unit kapal motor berlogo Kementrian Kelautan dan Perikanan tersebut.
Ketua Kelompok Nelayan Betokmati Gopar mengatakan, dengan diturunkannya kapal motor (KM) nelayan tersebut, merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap masyarakat atau nelayan merasa senang dengan adanya kapal tersebut, pasalnya kemungkinan besar TPI di wilayahnya bisa diaktifkan kembali setelah ebebrapa tahun vakum. "Saya sangat senang sekali dengan bantuan ini, sekarang yang menjadi PR kita bagaimana cara untuk mengaktifkan kembali TPI nya, katanya sih untuk kita gunakan, tapi melihat kondisi TPI nya yang sampai sekarang belum aktif mau dijual kemana, dan lagi TPI disini tidak lagi menggunakan sistem pelelangan, sistemnya di timbang, jadi retribusinya acak-acakan," kata Gopar kepada Radar Karawang, Minggu (26/2) kemarin.
Namun disisi lain, Hadi (55), nelayan lokal mengatakan, kenadatipun dengan diturunkannya bantuan jenis Kapal Motor, ia mengaku bukan kelasnya untuk mengoprasikan kapal dengan muatan tonase tersebut, Pasalnya untuk mengprasikan kapal besar tersebut membuthkan biaya yang tidak sedikit, ditambah dengan jarak waktu melaut yang panjang. "Kalau nelayan seperti saya tidak akan bisa memakai kapal besar itu, soalnya butuh modal besar juga kan, kapal seperti itu paling lambat 3 bulan sekali bisa menepi ke pantai, secara otomatis modalnya pun akan lebih besar lagi," ujarnya.
Selain itu, lanjut dia, ia juga harus disibukan dengan kondisi keluarga yang bertumpu semua padanya. Ia cuma berharap TPI di wilayahnya bisa diaktifkan kembali, mengingat TPI tersebut mempunyai andil besar dalam perekonomian warga setempat. "Tidak mungkin saya meninggalkan keluarga saya selama itu, apalagi dengan kondisi kaka saya yang tidak punya suami, tidak ada yang mengurusi keluarganya, emang sih punya anak juga, namun belum cukup dewasa untuk di lepas sendiri, saya mah cuma minta tolong TPI diaktifkan kembali dan diurus dengans ebenar-benarnya," ucapnya.
Sekretaris Desa Pusakajaya Utara Hendri Dzikri menambahkan, dengan adanya bantuan beupa kapal tersbut, ia mengimbau, agar digunakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kemanfaatannya. Ia juga mengaku akan terus memantau perkembangan TPI di bawah naungannya tersebut. "Bantuan kapal ini harus bisa dimanfaatkan bener-bener oleh nelayan, karena hal ini merupakan ungkapan rasa percaya dari pemerintah untuk nelayan Betokmati. Jangan sampai mengecewakan pemerintah, agar sesuatu yang kita ajukan bisa dipermudah, intinya saling menjaga kepercayaan saja lah," tegas dia.
Dalam rangka mengaktifkan kembali TPI ini, lanjut dia, ia berharap seluruh elemen masyarakat dan instansi yang terkait untuk disentuh, agar sinergitas antara pemerintah desa dengan TPI dan KUD bisa berjalan beriringan. "Yang paling terpenting itu harus terus bersinergi dengan desa, jangan sampai berjalan sendiri, karena kita masih dalam satu naungan yakni di Desa Pusakajaya Utara, saya harap ada kemajuan antara kebersamaan dan kekompakan seluruh elemen yang ada di desa kita," pungkasnya, (mg3)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template