Musrembang Jangan Hanya Formalitas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Musrembang Jangan Hanya Formalitas

Musrembang Jangan Hanya Formalitas

Written By Mang Raka on Rabu, 08 Februari 2017 | 14.00.00

JAYAKERTA, RAKA - Setiap tahun musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) dilaksanakan untuk menentukan arah pembangunan kedepan. Setiap desa mengusulkan program masing-masing. Namun sayangnya, banyak usulan desa yang tak terealisasi. Sehingga, musrenbang ini terkesan formalitas.
Mewakili semua kepala desa yang berada di Kecamatan Jayakerta, Dadang S Tamin, Kepala Desa Medangasem mengatakan, dalam rapat musrenbang ini tidak hanya membicarakan sebuah inti, namun lebih mengedepankan bukti. Melaksanakan protap (Program tetap) harus menjadi prioritas. Mengingat usulan yang diajukan para kepala desa merupakan hasil dari pengaduan yang berasal dari keresahan masyarakat tentang infarstruktur jalan yang masih banyak butuh perbaikan. "Saya harap musrenbang ini jangan hanya dianggap sebagai rapat formalitas saja," katanya, saat rapat musrenbang Kecamatan Jayakerta, Selasa (7/2) kemarin.
Ia melanjutkan, selain itu, informasi apapun yang ada keterkaitannya dengan masyarakat, diminta untuk disampaikan atau disosialisasikan langsung. Seperti halnya ada penambahan ataupun pengurangan dinas-dinas baru, agar masyarakat tidak merasa kebingungan dengan perubahan-perubahan yang terjadi di tahun 2017 ini. "Tolong agar informasi apapun untuk disampaikan kepada masyarakat," ungkapnya.
Di tempat yang sama, pelaksana tugas (Plt) Camat Jayakerta Rohmana S menambahkan, dari uang belanja APBD ada sekitar 4 triliun untuk digelontorkan, namun setelah dihitung-hitung, untuk pembangunan infrsatruktur di Kabupaten Karawang ini terhitung sekitar Rp 30 triliun. Maka dari itu, ia meminta kepada kepala desa agar bersabar dan menunggu waktu yang tepat untuk menyelesaikan pembangunan jalan tersebut. "Ajuan yang diusulkan dalam musrenbang ini tidak mungkin direalisasikan semua, paling hanya dua atau tiga saja yang bisa terlaksana," ujarnya.
Ia melanjutkan, hasil dari rekapan yang ia lihat, pengajuan pembangunan fasilitas infrastruktur jalan menjadi prioritas utama ajuan kepala desa, hampir 80% lebih kepala desa mengajukan pembangunan pada rapat mesrenbang tahun 2017 ini, pasalnya hal itulah yang menjadi kebutuhan masyarakat pada umumnya, masyarakat menilai pembangunan infrastruktur jalan merupakan hal yang lebih dulu diutamakan, karena menyangkut juga dengan lancarnya pertumbuhan ekonomi kerakyatan. Selain itu, harus diperhatikan juga dari sektor yang lain, misalkan sektor pendidikan, ekonomi, dan pertanian. Pasalnya selain infarstruktur hal ini meruapakan kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. "Apalagi dengan pertanian, karena mayoritas warga kita itu sebagai petani," pungkasnya. (mg3)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template