Monyet Siluman Gegerkan Kaligandu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Monyet Siluman Gegerkan Kaligandu

Monyet Siluman Gegerkan Kaligandu

Written By Mang Raka on Rabu, 08 Februari 2017 | 11.00.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Monyet Siluman menggegerkan warga Kampung Kaligandu, Desa Wanajaya, Kecamatan Telukjambe Barat, Selasa (7/2). Tidak seperti pada umumnya hewan kera yang bergerak lincah kera satu ini memiliki karakter seperti manusia, punya rasa malu karena sudah mencuri makanan milik warga. Bahkan ketika akan ditangkap kera ini hanya diam tertunduk malu setelah kepergok mencuri makanan di rumah salah seorang warga.

Seperti dituturkan Mas Mija (47) tokoh masyarakat Kaligandu, dia tidak menampik kalau prilaku yang diperlihatkan monyet tersebut mirip prilaku manusia. Manusia kalau sudah ketangkap karena ketahuan mencuri akan menunduk malu. Demikianpun kera ini, padahal sebagai hewan monyet sebetulnya tidak sulit untuk meloloskan diri dari kepungan warga. Bisa saja hewan itu melompat ke atap rumah atau ke atas pohon dan bergeyutan dari pohon ke pohon untuk kemudian melarikan diri. Tetapi itu tidak dilakukan si kera. Hewan itu justru pasrah dan tertunduk malu ketika akan ditangkap warga.
"Ramai juga sih perihal keberadaan monyet tersebut,ya kalo menurut saya sih kita tinggal tunggu saja ada orang ga yang ngambil," ucapnya.Mija menambahkan, jika  keberadaan monyet tersebut sudah menghebohkan warga satu bulan yang lalu karena sering masuki rumah warga. Bahkan sering ditemui tengah mencari makanan di dapur rumah warga.
Sementara Dasim (27), mengatakan jika keberadaan monyet tersebut dekat dengan kerumunan warga persis di pull pasir hingga akhirnya warga pun memburu dan akhirnya tertangkap. "Curiganya saya kalau monyet biasa mungkin bakal lincah gerak geriknya tapi kalau ini mah tertunduk malu saja kaya kelakukan manusia. Ya kalau masalah ini jelmaan manusia atau bukan saya gak ngerti," ucapnya.
Hal senada juga disampaikan warga lainnya Dewi. Menurutnya monyet itu sudah membuat resah warga karena baru sekali ini didesanya ada monyet besar seperti itu, yang berbeda dengan monyet pada umumnya, perbedaan itulah yang membuat warga merasa menduga monyet itu jadi-jadian. “Belum pernah ada kejadian ada monyet disini. Kalau memang monyet liar dari mana, kan jauh dari hutan desa kita. Kalau monyet lepasan kenapa tidak ada tali atau rantai di pinggangnya, terus jarinya juga mirip manusia,” ungkapnya.
Saat ini monyet besar tersebut diikat menggunakan rantai diatas bambu dengan diberikan pembatas pohon dari satu pohon ke pohon selanjutnya dan disimpan di tempat penampungan pasir. Keberadaan monyet besar itu tersiar dari mulut ke mulut, hingga warga dari berbagai pelosok daerah berbondong-bondong ke lokasi untuk melihat langsung kejadian langka tersebut.
Warga yang menyaksikan juga tidak sedikit yang memotret menggunakan ponselnya dan memberi makan monyet malang tersebut. Monyet itu hanya tertunduk lesu tanpa melakukan perlawanan sebagaimana monyet pada umumnya ketika dikerumuni atau diganggu banyak orang. Sementara informasi yang diserap Radar Karawang, seorang pengendara mobil APV mengaku kehilangan monyet besar peliharaannya. Dia khawatir monyet besar yang ditangkap warga Kampung Kaligandu adalah monyet miliknya. (yfn)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template