KPPL Samudera Mulya Distribusikan Dana Paceklik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » KPPL Samudera Mulya Distribusikan Dana Paceklik

KPPL Samudera Mulya Distribusikan Dana Paceklik

Written By ayah satria on Selasa, 07 Februari 2017 | 01.01.00

TEMPURAN, RAKA - SEBANYAK 90 persen nelayan libur melaut karena cuaca ekstrem 2 minggu terakhir.  Koperasi Produksi Perikanan Laut (KPPL) Samudra Mulya Ciparagejaya Kecamatan Tempuran, distribusikan bantuan dana paceklik kepada ribuan keluarga nelayan Sabtu (4/2). Bertempat di lokasi pelelangan ikan, masyarakat nelayan antre menunggu giliran mendapati beras, sembako dan uang tunai yang sudah disiapkan tersebut.
Manajer Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ciparagejaya, Kabun mengatakan, sebanyak 278 perahu milik juragan disisir untuk mendapati bantuan dana paceklik di musim cuaca ekstrem beberapa minggu trakhir ini. Distribusi sndiri, tergantung besaran Groston perahu dan jumlah ABK nya, kalau dihitung-hitung, bisa mencapai ribuan, termasuk santunan kepada anak-anak yatim dan jompo juga dikeluarkan dananya di musim paceklik tahun ini. Diakui Kabun, selama 2 minggu terakhir, para nelayan tidak berproduksi, karena 90 persen diantaranya memilih libur karena angin dan gelombang laut tidak memungkinkan, ada yang memaksakan melaut juga, 9 ABK diantaranya tenggelam beberapa hari yang lalu karena perahunya kurang stabil.
Untuk itu, KPPL sudah 2 tahun terakhir diapresiasinya, mampu menarik simpanan dan mengeluarkannya untuk kepentingan nelayan. Tahun ini sebutnya, dua kali akan dikeluarkan dana paceklik tersebut, yaitu saat musim cuaca seprti ini skitaran Januari-Februari dan yang kedua pada saat mnjelang Idul Fitri. "Nelayan 2 minggu terakhir tidak berproduksi karena cuaca, kita bangga dengan kerapihan dan tata kelola keuangan KPPL saat ini, ditengah target retribusi ke TPI, nelayan juga rapi ditarik persentasenya ke KPPL dan diditribusikan optimal," ungkapnya.
Lebih jauh Kades Ciparagejaya ini menambahkan, jenis bantuan yang diberikan sendiri adalah beras, uang dan sembako. Jumlahnya bervariasi, tergantung GT perahunya, 80 liter beras untuk perahu diatas 7 GT dan dibawah 7 GT sebanyak GT 60 liter untuk kemudian di distribusikan lagi para juragannya. Ia mengapresiasi penyisiran nelayan-nelayan yang dikerjasamakan dengan RT dan RW setempat, ditengah jumlah anggota KPPL 175 orang, tapi aset dan modal yang dimiliki koperasi ini bisa ikut membantu nelayan keseluruhan di musim paceklik seperti sekarang ini. "Pembagiannya disesuaikan dengan jumlah ABK dan jenis GT perahunya, meskipun anggotanya 175 orang, tapi pembagiannya bisa lebih dari jumlah itu," pungkasnya.
Ketua KPPL Samudera Mulya Ciparagejaya, Budianto SH mengatakan, pihaknya keluarkan nominal sekitar Rp 160 juta lebih kolektif untuk bantuan dana paceklik di musim pertama tahun ini. Sebanyak 270 perahu dipastikannya kebagian semua bantuan dana paceklik dan santunan Yatim-Jompo ini. Diakui Budi, saat ini nelayan nyaris kolaps dengan tidak melaut 5 hari saja, sebab mata pencahariannya hanya sebatas itu, dari pada nyawa yang menjadi taruhannya disaat cuaca angin kencang dan gelombang saat ini, lebih baik menghentikan sementara aktivitasnya, karenanya KPPL sebagai koprasi yang menaungi kepentingan para nelayan, mengeluarkan dana paceklik ini, setidaknya sambung Budi, nelayan bisa tetap bertahan untuk memenuhi kebutuhan dapurnya minimal seminggu atau dua minggu kedepan, sebelum aktivitas melaut kembali normal. Tidak mudah menghimpun nelayan berorganisasi di Koperasi, utamanya untuk mengikuti regulasi yang ada," Kita akan selalu bagikan dana paceklik dan santunan ini setiap musim cuaca ekstrem seperti sekarang, walaupun cuacanya juga gak menentu akhir-akhir tahun ini mah, semoga bisa terus lancar," Ujarnya.
Lebih jauh ia menyebut, bahwa dana ini bukan saja dikeluarkan di paceklik, tapi juga mnjelang idul fitri, bahkan nominal yang diberikan juga lebih besar," Idul Fitri juga kita rutin bagikan, nominalnya lebih besar," Pungkas Wakil Ketua DPRD Karawang ini. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template