Kades Sukatani Menolak Mundur - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Sukatani Menolak Mundur

Kades Sukatani Menolak Mundur

Written By Mang Raka on Rabu, 22 Februari 2017 | 16.00.00

- Tak Menerima Surat Pemberhentian

PURWAKARTA, RAKA – Bamusdes Sukatani, Kecamatan Sukatani sudah mengeluarkan surat keputusan (SK) pemberhentian Kepala Desa Sukatani Asep Sumpena. Hanya saja, kades hingga saat ini merasa belum diberhentikan, karena tak ada pemberitahuan ataupun surat pemberhentian yang diberikan kepadanya.
Kepala Desa Sukatani, Asep Sumpena angkat bicara menyikapi desakan dari aparat dan masyarakat desa setempat yang meminta dirinya untuk mundur dari jabatannya. Asep mengaku, dirinya tidak menerima bentuk desakan apapun baik dari aparat desa maupun masyarakat yang meminta dirinya untuk mundur dari jabatannya sebagai kades. "Tidak ada Bamusdes yang meminta saya untuk berhenti, baik tertulis maupun langsung. Yang saya tahu kabarnya desakan tersebut datang dan ditujukan ke Bupati Purwakarta, kepada saya tidak ada sama sekali," jelasnya, Selasa (21/2) saat dihubungi awak media.
Asep mengaku, untuk memintai penjelasan dan kebenaran kabar tentang desakan pemberhentian kepada dirinya, ia telah mencoba menghubungi pihak Bamusdes Sukatani.
“Ketua Bamusdes saat saya hubungi tidak bisa. Saat ini baik pihak Bamusdes maupun perangkat desa lainnya tidak pernah ada langsung datang kepada saya, dan saya pun baru tahu dari media bahwa saya di desak mundur," kata dia.
Untuk kinerja dan dugaan penyalah gunaan penggunaan anggaran desa, sebut dia, pihaknya meminta agar pihak-pihak yang memberikan tudingan tersebut menempuh jalur sesuai dengan ktenentuan yang berlaku. “Kalau pun ada tudingan terhadap saya, silahkan dibuktikan dengan hukum,"jelasnya.
Terpisah, Ketua Bamusdes Sukatani Undang Hasan Al Basri mengatakan, proses tahapan untuk usulan pemberhentian Kades Sukatani sudah ditempuh. Bamusdes Sukatani, lanjut dia, telah menerbitkan SK pemberhentian Kepala Desa Sukatani dan telah diserahkan kepada Bupati Purwakarta melalui Camat Sukatani. “Bamusdes tidak harus memberikan langsung SK pemberhentian kepada kades. Tapi kami telah memberikan langsung kepada Bupati Purwakarta melalui Kecamatan Sukatani,” jelasnya.
Sementara salah satu tokoh masyarakat Desa Sukatani Alex menjelaskan, dukungan untuk memberhentikan Kepala Desa Sukatani dari jabatannya sudah melalui mekanisme yang sesuai dengan ketentuan tanpa unsur kepentingan siapapun. Untuk dasar pemberhentian lanjut dia, jelas ini berdasar pada kinerja kades yang dinilai buruk. Selain itu terdapat dugaan penggunaan anggaran desa yang tidak bisa dipertanggung jawabkan. Bahkan, lanjut dia, sempat kades memalsukan tanda tangan Ketua TPK untuk laporan SPJ Dana Desa agar memuluskan pencairan dana desa tahap berikutnya. Atas penilaian tersebut, warga geram melihat kinerja kades yang tidak pernah melakukan musyawarah dalam pembahasan pembangunan sertatidak terbuka dalam penggunaan anggaran. "RT dan RW sudah menandatangani dukungan Kepala Desa untuk meninggalkan jabatannya, bahkan Bamusdes sudah mengeluarkan SK pemberhentian. Lalu mau apa lagi,” singkat dia. (awk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template