Jual Tembakau Gorila Via Medsos - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jual Tembakau Gorila Via Medsos

Jual Tembakau Gorila Via Medsos

Written By Mang Raka on Jumat, 17 Februari 2017 | 12.00.00

-Tiga Warga Cikampek Diciduk

Media sosial yang sedang digandrungi anak-anak muda, kini dimanfaatkan para pengedar narkoba memasarkan barang haramnya. Hal itu terungkap setelah Polda Jabar membongkar jaringan bandar tembakau gorila (ganja sintetis).
Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus merilis lima orang yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba jenis tembakau gorila. Tiga diantaranya warga Cikampek.
Dari lima tersangka yang masing-masing berinisial AS (24), seorang mahasiswa asal Kabupaten Garut, polisi menyita barang bukti berupa 1 buah kotak makanan berisi 18 paket kecil tembakau gorila, satu kartu ATM BCA, 1 unit handphone Samsung warna hitam. Kemudian dari pria berinisial RR (24), warga Kota Cimahi, polisi menyita barang bukti empat bungkus plastik klip bening tembakau gorila, dengan berat kurang lebih 90 gram dan dua bungkus plastik silver dengan berat kurang lebih 48 gram. Sementara dari tiga tersangka berinisial MS (25), MRA alias Robin (28) dan FMW alias Joy (23), warga Kabupaten Karawang, polisi menyita barang bukti 1 paket plastik klip bening dan 3 linting tembakau gorila seberat kurang lebih 2 gram.
Yusri mengatakan, para tersangka mendapatkan tembakau gorila tersebut melalui media sosial dengan harga yang bervariatif. “Dari kesaksian pelaku saat dilakukan pemeriksaan, tembakau gorila tersebut mereka dapatkan melalui instagram. Harganya pun terbilang sangat murah. Dalam lima gram mereka hanya menyediakan Rp 500 ribu. Itu pun sudah dengan ongkos kirim yang dikirim melalui jasa pengiriman barang,” jelas Yusri di ruang lobi Riung Mumpulung Mapolda Jabar, Kamis (16/2).
Polisi masih menyelidiki peredaran tembakau Gorila di Jabar. Termasuk memburu penjual dan bandarnya. "Kita masih menyelidiki untuk pemasoknya ini," ujarnya.
Tembakau gorila berisi tembakau yang dicampur cairan ganja sintetis ini disebut-sebut memiliki efek yang bisa membuat penggunanya delusi atau halusinasi. Tembakau ini mengandung cannabinoid yang disebut AB-Chminaca. Diakui AS yang pernah merasakan efek tembakau gorila ini bahwa dirinya kerap berhalusinasi.
"Bikin saya berhalusinasi. Badan juga terasa berat. Kalau marah, ya marah-marah enggak jelas," terangnya.
Dia mengaku kapok menggunakan barang haram yang didapatnya via instagram. "Kapok saya enggak akan lagi. Saya kemarin pesan di IG (Instagram) pesan, terus dikirim menggunakan jasa paket kilat," tuturnya.
Khusus pengedar tembakau gorila di Karawang, Direktur Reserse Narkoba Polda Jawa Barat Kombes Asep Zenal Abidin, menjelaskan, petugas menangkap MS, MR, FM, di Cikampek. Ketiga pria ini diringkus lantaran dilaporkan sering menjual tembakau tersebut. “Anggota kami yang diturunkan menangkap ketiga tersangka di bengkel di Cikampek,“ pungkas Asep.
Para tersangka akan dijerat Pasal 114 ayat 2 sub Pasal 112 ayat 2, Pasal 132 ayat 1 Undang-Undang Republik Indonesia No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman paling lama seumur hidup atau paling singkat 5 tahun. (hm/prv/psn)

Seputar Tembakau Gorila
5 Januari 2017
Ditetapkan sebagai narkotik dalam peraturan Menteri Kesehatan

Efek Samping
Halusinasi
Badan terasa mengambang
Perasaan tenang
Pergerakan badan terbatas


Sanksi Hukum
Ancaman pidana hukuman mati
Penjara seumur hidup
Penjara paling singkat 5 tahun atau paling lama 20 tahun
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template