Jiban tak Mau Mengemis - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jiban tak Mau Mengemis

Jiban tak Mau Mengemis

Written By ayah satria on Selasa, 28 Februari 2017 | 13.51.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Lahir dengan kondisi fisik tidak sempurna, ternyata tidak membuat Jiban (49) warga Kampung Kaligandu, Desa Wanakerta, patah semangat menjalani hidup. Meski kedua kakinya cacat, namun tidak menyurutkan semangat untuk bersaing mengais rejeki dengan sesama kaumnya yang kondisi fisiknya sempurna.
Jiban yang lahir pada 13 Mei 1968 memang dididik oleh orang tuanya untuk tidak mudah mengeluh. Di balik kekurangan kakinya, ia masih mampu melakukan banyak hal layaknya orang normal. Seperti mencuci, membersihkan sayur mayur dan membenarkan dagangan. Bahkan terkadang Jiban mendapat tambahan sampingan warga yang meminta bantuannya. "Sekecil apapun usaha manusia, asalkan tidak meminta-minta apalagi mengambil hak orang lain, pastilah Tuhan akan memberikan rejeki. Karena itulah saya beriktikad untuk selalu hidup mandiri dan tidak mengharapkan belas kasihan orang," tegasnya.
Secara terpisah, Sudirman (34) warga setempat tidak malu mengakui dirinya salut terhadap kegigihan Jiban mencari rejeki. Meski kondisi fisiknya cacat namun dia tidak mau kalah dengan sesamanya yang bertubuh sempurna. "Di zaman sekarang banyak orang menjadi pengemis sebagai profesi, bahkan oleh orang-orang yang kondisinya normal, sehat dan bugar, tetapi Jiban justru memilih berusaha dengan keringatnya sendiri. "Meski hasilnya tidak sebanyak orang yang meminta-minta, saya yakin usaha dari keringatnya sendiri menjadikan rezekinya lebih diberkati," katanya.
Demikian dengan Ukih (33) jika dirinya apresiasi dengan Jiban yang memang tidak menjadi pengemis hanya sering menawarkan jasa apa saja yang memang warga bisa terbantu. "Dengan bantuan apapun yang penting intinya Jiban tidak menjadi peminta-minta dan selalu membantu warga yang tengah memerlukan jasa dirinya. Sejauh ini memang seperti itulah pekerjaan beliau, cukup mulia dan tidak membuat warga khawatir," tandasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template