Jembatan Ciganea Rusak Parah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jembatan Ciganea Rusak Parah

Jembatan Ciganea Rusak Parah

Written By Mang Raka on Senin, 13 Februari 2017 | 15.30.00

- Pengguna Jalan Khawatir Ambruk

PURWAKARTA, RAKA - Jembatan Ciganea, di Jalan Pramuka, Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur, dalam kondisi rusak parah. Selain bergelombang, jembatan yang berjarak sekitar 1 KM dari Gerbang Tol Jatiluhur ini, sudah bolong-bolong.
Kondisi tersebut dikhawatirkan menjadi pemicu kecelakaan kendaraan yang melintas di jalur alteri penghubung Purwakarta - Bandung ini. Jika terus dibiarkan rusak, dikawatirkan semakin parah dan jembatan sepanjang 50 meter ini tidak bisa dilalui kendaraan. "Bolong-bolongnya udah gede, ini jangan terus dibiarkan. Ya harus secepatnya diperbaiki," kata Aswan Fahlan, salah satu pengendara mobil, kemarin.
Intensitas kendaraan yang melintasi jembatan di atas sungai setinggi 20 meter ini, mengalami peningkatan. Apalagi, perbaikan Jembatan Cisomang Tol Cipularang masih belum selesai diperbaiki. Sehingga, pengalihan kendaraan keluar masuk yang bertonase besar di GT Jatiluhur secara otomatis harus melintasi jembatan Ciganea ini. Tak jarang, kata dia, pihaknya mengaku was-was saat melintas di jembatan tersebut. Ia khawatir saat dilintasi jembatan tersebut ambrol. Terlebih, tak jarang akhir-akhir ini jalur alteri ini sering mengalami kemacetan. “Sekarang lubang jalannya sudah dalam-dalam. Sedikit retak juga. Bahaya kalau terus dibiarkan dan setiap hari tanpa henti dilintasi kendaraan besar,” pinta dia.
Pemerintah, lanjut dia, seharusnya segera antisipasi dengan mengurangi jumlah dan intensitas kendaraan yang melintas. Hal ini penting, sebelum terjadi hal-hal tidak diinginkan. Sejauh ini, penambalan jalan dilakukan manual oleh para relawan dari warga sekitar. “Biasanya ada warga, nambal-nambal lubang jalan pakai, pasir dan material sederhana. Sambil ngencleng. Kalau tidak begitu, kasihan mobil-mobil kecil apalagi yang ceper, ngagasruk. Dan bahaya juga bagi pemotor kalau malam hari,” jelasnya.
Selain jembatan Ciganea, beberapa titik di jalur alteri yang melewati Kecamatan Jatiluhur, Sukatani, dan Kecamatan Darangdan ini sudah dalam kondisi rusak parah. Selain bolong-bolong, di jalur tersebut juga nampak bergelombang. Kondisi ini jelas membahayakan para pengguna jalur. (awk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template