Jangan Ragu Main Stand Up Comedy - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jangan Ragu Main Stand Up Comedy

Jangan Ragu Main Stand Up Comedy

Written By ayah satria on Selasa, 28 Februari 2017 | 16.05.00

KARAWANG, RAKA - Bagi anda yang ingin menuangkan semua curhatan dengan gaya menghibur kini anda tidak meski bingung lagi harus mencari kemana karena ternyata sudah ada Komunitas Stand Up Komedi Karawang yang rutin setiap satu seminggu sekali open mic di Cafe Limasan tepatnya di belakang Masjid Telukjambe Timur.
Seperti yang terlihat Minggu (26/2) malam lalu di cafe tersebut sejumlah anggota komunitas stand up Karawang maupun pendatang baru berunjuk gigi menampilkan penampilan terbaiknya.
Levi, Ketua Talent Stand Up Komedi Karawang mengatakan, sampai saat ini komunitas yang beranggotakan tidak lebih dari 20 orang itu, belum mempunyai tempat sendiri atau wadah untuk berlatih. Hanya mengandalkan lokasi tempat yang bernuasa Caffe kopi yang enak untuk bersantai menjadi pilihannya. “Kami masih bergairah, tapi perkembangan selama 5 tahun ini kurang begitu signifikan, kami masih mengalami pasang surut dari panggung ke panggung, tetapi kami masih optimis jika Karawang masih banyak seniman-seniman stand up yang potensial, makanya kami tidak pernah mau berhenti melangkah,” katanya.
Saat disinggung mengapa komunitas stand up comedy Karawang terkesan kurang begitu familiar di mata publik Karawang sendiri, Levi menjelaskan, jika persoalan pertama karena wilayah territorial stand up Karawang sendiri yang masih masuk ke dalam Jabotabek. “ Karawang itu kan perbatasan dengan Bekasi, Karawang itu berbeda dengan Bekasi, makanya kenapa stand up comedy nya lebih bergairah Bekasi,” jelasnya.
Pria yang pernah masuk Stand Up Comedy Academy 2 (SUCA 2) ini juga menjelaskan, persoalan teritorial sendiri sebenarnya tidak bisa dijadikan sebagai tolak ukur maju atau mundurnya suatu komunitas stand up. Karena menurutnya, berprestasi atau tidaknya suatu komunitas stand up comedy, biasanya dilihat dari prestasi para anggotanya yang bisa menembus panggung nasional atau tidak. “Misalnya saya pernah masuk Suca, saya kira ini bisa dijadikan motivasi untuk temen-temen yang lain jika sebenarnya Karawang juga bisa,” ucapnya.
Menurutnya, berbagai upaya untuk membangkitkan gairah stand up comedy Karawang untuk menuju panggung nasional sebenarnya terus dilakukan. Karena, kata dia, sebanyak 3 kali dalam setahun komunitasnya memang rutin menggelar kegiatan untuk terus menambah pengalaman para anggotanya. “Berbagai upaya terus kami lakukan untuk menambah pengalaman, sebenarnya di Karawang ini banyak yang minat jadi stand up comedy tapi kebanyakan mereka gak berani datang ke sini untuk belajar open mic, tapi yang namanya juga seni, ya gak bisa dipaksain karena seni itu harus datangnya dari hati,” ungkapnya.
Selain itu, Levi menyebut, sampai saat ini belum ada peranan pemerintah terhadap komunitasnya. Karena menurutnya, setiap menggelar kegiatan di Gedung Husni Hamid Kompleks Pemda Karawang saja, komunitasnya harus mengeluarkan sejumlah uang cukup besar untuk uang sewa gedung tersebut. “Sampai saat ini, belum ada perhatian sampai sejauh itu, tapi sebagai seorang seniman, dari dulu saya memang selalu berharap adanya dukungan dari pemerintah setempat untuk mendukung setiap kegiatan-kegiatan komunitas kami, karena kalau saja komunitas ini bisa manggung di nasional ya sebenarnya untuk mengharumkan nama baik Karawang sendiri,” tuturnya.
Makna stand up comedy bagi anak muda dengan ciri khas jenggot tebal ini menganggap, jika stand up comedy adalah gaya hidup dan keluarga yang selama ini menemani perjalanan hidupnya. “Terakhir saya juga saran, bagi temen-temen di Karawang yang pengen nyoba open mic atau belajar stand up, datang aja langsung ke sini ke Limasan Cafe. Lagian untuk gabungnya juga gampang banget, gak perlu pake formulir apalagi biaya, gratis kok. datang aja setiap malam senin ke sini,” pungkasnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template