Jalan Cirata Rawan Longsor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jalan Cirata Rawan Longsor

Jalan Cirata Rawan Longsor

Written By Mang Raka on Rabu, 22 Februari 2017 | 15.30.00

PLERED,RAKA - Para pengendara yang melintasi Jalur PLTA Cirata diminta waspada. Pasalnya, cuaca buruk akhir-akhir ini mengakibatkan lereng gunung yang berada di Jalan Raya Cirata rawan longsor.
Sebab di tahun-sebelumnya, jalan yang menghubungkan Kabupaten Purwakarta, Bandung Barat serta Cianjur ini, sering tertutup tanah bercampur pasir saat longsor terjadi saat musim hujan. Selain rawan longsor, Jalan Cirata juga sering dipenuhi kabut saat malam dan pagi hari. Hal itu lantaran di wilayah itu dikelilingi pegunungan dan air bendungan. "Jalan Cirata memang rawan longsor di musim hujan," ujar Komarudin (50), pedagang sekitar Waduk Cirata, Selasa (21/2).
Menurutnya, para pengendara diharapkan waspada saat melintas. Sebab, selain rawan longsor, jalur waduk Cirata ini juga sering dipenuhi kabut saat malam dan pagi hari.
Bahkan, di tahun kemarin, kata Komar, peristiwa longsor sempat menutup akses penghubung lintas kabupaten. Sebab, kata dia, tanah bercampur pasir dan batu kerikil hingga memadati badan jalan. "Memang Jalan Cirata rawan longsor. Namun, untuk musim penghujan tahun ini alhamdulilah belum pernah, dan mudah-mudahan jangan sampai terjadi lagi,"tuturnya.
Dihubungi terpisah, Yoyon, petugas PLTA Cirata mengatakan, memasuki musim penghujan jalur PLTA Cirata yang menghubungkan dua Kabupaten Cianjur dan Purwakarta, membenarkan jika jalur Cirata rawan longsor. Namun, kata ia, pihaknya belum lama ini melakukan penghijauan dan pelarangan penebangan pohon kepada penggarap tanah di wilayah PLTA Cirata. "Kita sudah melakukan antisipasi longsor seperti penanaman pohon di beberapa titik yang di duga rawan, salah satunya tebing yang tidak jauh di jembatan sungai Citarum,"ujarnya, (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template