Istri Gus Dur Mau Ikut Cap Go Meh di Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Istri Gus Dur Mau Ikut Cap Go Meh di Karawang

Istri Gus Dur Mau Ikut Cap Go Meh di Karawang

Written By ayah satria on Sabtu, 11 Februari 2017 | 11.15.00

KARAWANG, RAKA - Perayaan Cap Go Meh tahun 2017 yang ke-18 di Karawang akan mengkolaborasikan kebudayaan Tionghoa dengan kebudayaan lokal. Bahkan kirab budaya tersebut juga menitik beratkan nilai-nilai kebhinekaan. Kegiatan tersebut akan degelar pada hari Sabtu (11/2), dan puncaknya Minggu (12/2).
Menurut Ketua Yayasan Vihara Dharmaprasada Mahametta Karawang, Wawan, sedikitnya 6000 hingga 10.000 orang peserta dari beberapa kota besar di Indonesia, akan memeriahkan acara yang dikolaborasikan dengan acara ruwat bumi. Acara tersebut juga akan dipadukan dengan kebudayaan lokal Karawang, diantaranya tari Jaipong, pemutaran lagu ajeng, dan beberapa kebudayaan lokal lainnya. "Setap tahun kita adakan koreksi. Dan pada tahun ini merupakan acara perayaan Cap Go Meh yang terbesar yang kita buat. Tahun ini kami akan menampilkan lagu ajeng, tari jaipong, dan kebudayaan lokal lainnya," ujar Wawan saat memberikan keterangan pers di Klenteng Kwan Tee Koen, Rabu (8/2) malam.
Menurutnya, untuk rute upacara ruwat bumi keliling kota, masih seperti tahun sebelumnya sepanjang 5.8 kilometer, yaitu dari Klenteng Kwan Tee Koen di Tuparev-Jalan Kertabumi-Niaga Tuparev. "Saya harapkan perayaan Cap Go Meh bukan hanya menjadi perayaan kita, tapi menjadi sebuah hajat dan hiburan bagi masyarakat umum. Terbukti kita melihat antusias masyarakat pada tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.
Mengantisipasi kemungkinan macetnya jalan sepanjang rute upacara keliling kota ruwat bumi, pihak pelaksana perayaan Cap Go Meh dikatakan Wawan, sudah melakukan Koordinasi dengan beberapa pihak. Mulai aparat kepolisian, Pemerintah Kabupaten Karawang, hingga masyarakat umum. "Sebelum perayaan puncak pada hari minggu, pada malam minggunya kita ada beberapa rangkaian acara yang akan digelar di sekitar klenteng," ujarnya.
Di tempat yang sama, Panitia Pelaksana Cap Go Meh Natala Sumedha mengatakan, perayaan Cap Go Meh di Karawang bukan hanya hajat etnis Tionghoa, melainkan hajat pemkab dan masyarakat Karawang. "Setiap tahun acara di kita selalu mendapatkan pujian dari luar. Memang bagi masyarakat ini hal yang biasa, tapi bagi kita dan para peserta dari luar ini merupakaan kebanggaan yang tidak bisa terukur," ujarnya.
Karawang menjadi salah satu kabupaten yang dianggap oleh orang luar Karawang sebagai kabupaten yang mempunyai nilai-nilai toleransi keberagaman tinggi. Dalam puncak acara, tokoh nasional juga akan hadir, salah satunya adalah istri Presiden RI ke 4 Almarhum Abrurahman Wahid, Nyai Sinta Nurriyah. Selain itu jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Karawang, juga dipastikan menghadiri kegiatan rutin tahunan tersebut. "Bahkan Bupati Karawang Ibu Cellica juga sudah mengirimkan vídeo ucapan selamat tahun baru Imlek. Dan dalam vídeo tersebut, juga mengajak masyarakat untuk ikut memeriahkan perayaannya," pungkasnya.(zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template