Inspektorat Anggap Beres Desa Pasirtanjung - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Inspektorat Anggap Beres Desa Pasirtanjung

Inspektorat Anggap Beres Desa Pasirtanjung

Written By Mang Raka on Rabu, 22 Februari 2017 | 12.00.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Rumor pengelolaan keuangan Desa Pasirtanjung, Kecamatan Lemahabang tidak beres terbantahkan. Kemarin (21/2), meski tidak tegas mengatakan, namun inspektorat memastikan tidak ada masalah dalam pengelolaan tata pemerintahan di desa itu.

Dijelaskan, polemik yang melanda Pemerintahan Desa Pasirtanjung, Kecamatan Lemahabang ditepis Inspektorat Karawang. Disela-sela pemeriksaan reguler pamungkas di Kecamatan Lemahabang, lembaga pemeriksa pimpinan Endang Somantri tersebut menyebut, Desa Pasirtanjung tidak bermasalah dan lurus-lurus saja dalam pengelolaan tata pemerintahan desa.
Mewakili Ketua Irban 1 Inspektorat Karawang yang berhalangan hadir, Asep Nugraha mengatakan, tidak seperti di banyak pemberitaan kaitan polemik yang terjadi di Desa Pasirtanjung, baik kaitan anggaran dan administrasi yang diduga menjadi sorotan banyak pihak, dalam pemeriksaan reguler dilapangan justru klaimnya, Desa Pasirtanjung ini lurus-lurus saja.
Tidak banyak yang ditemukan dugaan-dugaan penyalahgunaan. Buktinya, setiap pelaporan administrasi desa tertata rapi, seperti RKPdes, LPJ, APBdes, Perdes sampai dokumen-dokumen lainnya ada dan lengkap. Lagi pula, Inspektorat sebutnya, tidak berwenang menyimpulkan spontan, karena persentase pemenuhan kelengkapan nanti akan dievaluasi diinternal untuk dilakukan pembinaan. "Ramainya di pemberitaan, tapi kita cek lurus-lurus saja tuh, pegawai desanya juga kompak," ungkapnya.
Disinggung berapa persen temuan inspektorat di tahun sebelumnya yang belum dipenuhi dari desa Pasirtanjung, mantan Pegawai Dinas Kesehatan ini mengaku tidak tahu menahu, sebab data-data itu ada di tim evaluasi. Hanya yang jelas, ia melihat saat ini dari sejumlah laporan yang masuk, notabene sudah bagus. Jikapun masih ada yang kurang, maka harus ditindaklanjuti nantinya. Yang jelas ia berharap, pemerintah desa secara umum, bisa terus kompak menjalin komunikasi antar lembaga pemerintahan desa, karena kuncinya menjalankan pemerintahan adalah terletak dikomunikasi. Sehingga, tidak ada aksi-aksi saling curiga, karena semuanya berdasarkan atas asas transparani. "Hasil-hasil persentasi tahun kemarin, itu ada di tim evaluasi saya tidak tahu," ungkapnya.
Lebih jauh ia mnambahkan, Pasirtanjung merupakan desa paling akhir pemeriksaan reguler tahun ini, di Kecamatan Lemahabang. Kebetulan, ketua Irban 1 tidak bisa hadir karena selain kesibukan menjadi anggota saber pungli, juga inspektorat Karawang tengah kedatangan tamu studi banding dari Kabupaten Subang. "Pasirtanjung ini paling akhir, semuanya berjalan lancar," pungkasnya. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template