Forum MKKS SMK Minta BKK Diaktifkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Forum MKKS SMK Minta BKK Diaktifkan

Forum MKKS SMK Minta BKK Diaktifkan

Written By Mang Raka on Selasa, 21 Februari 2017 | 14.00.00

*Perekrutan Tenaga Kerja Satu Pintu Menghambat Penyerapan Tenaga Kerja

KARAWANG, RAKA - Perekrutan tenaga kerja satu pintu harus melalui Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) diprotes Forum Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kabupaten Karawang. Hal itu dinilai menjadi penghambat pengrekrutan tenaga kerja terutama siswa yang baru lulus dari SMK.

"Kami minta agar BKK (Bursa Kerja Khusus) kembali diaktifkan. Pengrekrutan melalui satu pintu itu menjadi hambatan bagi siswa kami yang mau kerja setelah lulus sekolah," ujar Ketua MKKS, H Caya Suryana, kepada Radar Karawang, Senin (20/2).
Menurutnya, ada perbedaan yasangat signifikan saat BKK tidak diaktifkan dan hanya diberlakukan pengrekrutan tenaga kerja satu pintu dengan melalui Disnaker. Padahal keberadaan BKK juga berdasarkan SK dari Disnakertrans, seharusnya Disnaker cukup mengawasi bagaimana perkembangan BKK. "Ini hasil musyawarah kami (MKKS). Cukuplah Disnaker melakukan pengawasan ke BKK. Karena BKK juga SK nya dari Disnaker," ujarnya.
Dia menyampaikan, sinergitas antara sekolah dengan industri juga bisa dijalin dengan baik atas adanya BKK. Bahkan pihak sekolah juga mengupayakan sedemikian rupa untuk menghasilkan peserta didik yang siap menghadapi dunia industri. Diantaranya melalui ujian kompetensi (ujikom) yang saat ini sedang berlangsung disetiap SMK. "Siswa yang lulus ujikom, menurut ukuran sekolah mereka sudah bagus, tapi kalau untuk industri ya itu diserahkan keindustri," ujarnya.
Sementara untuk sinkronisasi SDM para peserta didik yang duduk di SMK memang harus adanya komunikasi dan koordinasi secara intens antara pihak sekolah dan industri. Seperti yang dilakukan beberapa waktu lalu, seminal vokasi yang dilakukan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Karawang, merupakan terobosan yang sangat bagus di karawang. "Soal pemagangan, itu snagat bagus untuk menyerap ketenagakerjaan. Kami semua mendukung itu," ucapnya.
Pantauan Radar Karawang di beberapa SMK, saat ini para peserta didik sedang mengikuti uji kompetensi (Ujikom), mereka yang sudah duduk dibangku SMK kelas XII harus mengikuti kegiatan tersebut. Pasalnya ujikom juga sebagai syarat tuntasnya peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah. "Ujikom khusus untuk kelas XII, sekarang sedang berlangsung disetiap SMK, termasuk disini (SMK PGRI Cikampek)," ujar Ketua Panitia Ujikom SMK PGRI Cikampek, Agus Hernawan, ST.
Untuk peserta ujikom sendiri di SMK PGRI Cikampek sebanyak 218 dengan jurusan Otomotif 106 orang, mesin 95 orang dan rekayasa perangkat lunak (RPL) 17 orang. Peserta ujikom bisa menerima sertifikat dengan catatan harus memenuhi lima kriteria, lima kriteria itu adalah persiapan kerja, proses kerja, hasil kerja, sikap kerja, dan waktu. "Bagi mereka yang tidak lulus, akan mengulang ujikom, agar ujikomnya tetap lulus. Tetapi bagi mereka yang ikut mengulang, meski ujikomnya lulus tetap tidak dapat sertifikat," terangnya.
Begitu juga di SMKN 1 Cikampek, peserta ujikom sebanyak 426 orang dengan tujuh jurusan. Adapun tujuh jurusan tersebut adalah teknik permesinan, teknik kendaraan ringan, teknik elektornika industri, teknik otomasi industri, teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik, analisis kimia, agri bisnis tanaman pangan dan hortikultura.
"Untuk pengujinya sendiri, selain dari internal sekolah. Juga melibatkan pihak perusahaan," ujar Wakasek Bidang Akademik SMKN 1 Cikampek  Oni Arhani, S.Pd.
Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Kabupaten Karawang, H A Suroto, menanggapi adanya desakan forum MKKS SMK Kabupaten Karawang terkait pengaktifan kembali BKK, pihaknya akan segera melakukan rapat dengan para pimpinan BKK. "Kita ingin mengundang dulu seluaruh pimpinan BKK, untuk menyamakan persepsi terkait perbup No 8 Tahun 2016 Tentang Perluasan Kesempatan Kerja, dimana mengamanatkan bahwa informasi dan rekruitmen dilaksanakan melalui 1 pintu Disnaker," ujar Suroto. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template