Ebeh Halim Minta Desa Tetangga Bersihkan Sampah Liar di Kawali - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ebeh Halim Minta Desa Tetangga Bersihkan Sampah Liar di Kawali

Ebeh Halim Minta Desa Tetangga Bersihkan Sampah Liar di Kawali

Written By ayah satria on Selasa, 07 Februari 2017 | 20.30.00

KLARI, RAKA – Keberadaan tempat pembuangan sampah liar di perlintasan Kosambi-Telagasari yang belakangan dikeluhkan banyak orang, juga dikeluhkan Kepala Desa Duren, Kecamatan Klari.
Karena gara-gara tumpukan sampah yang menimbulkan bau tak sedap itu, Kepala Desa Duren H Abdul Halim yang jadi bulan-bulanan. Padahal kata Ebeh Halim, wilayah tersebut bukan daerah kekuasaannya. Katanya, wilayah tersebut tersebut masuk ke Kampung Kawali, Desa Pancawati.
Diakuinya, kesadaran warganya soal buang sampah mulai membaik karena sudah diberlakukan sanksi bagi warga yang kurang peduli terhadap lingkungan.
“Itu masuk wilayah Desa Pancawati. Karena itu berada di Kampung Kawali. Perlintasan yang sebelah kanan yang sudah lama banyak sampah itu merupakan wilayah Pancawati,” kata Halim menanggapi persoalan sampah di seputaran wilayahnya, kemarin (6/2).
Dia mengklaim, persoalan tempat sampah liar yang berada di wilayahnya sudah tidak lagi ada. Karena hal tersebut sudah diupayakan dengan adanya spanduk pelarangan dan intruksi seluruh aparatnya agar terus menggencarkan program kerja bakti.
Hal itu dilakukan dalam menciptakan wilayah yang bersih dan sehat. “Jadi untuk persoalan sampah yang membusuk, saya sudah mewajibkan seluruh wilayah yang ada di desa ini untuk ada petugas yang setiap harinya mengangkuti sampah,” katanya.
Menurutnya, persoalan kebersihan tersebut mestinya sudah dibersihkan. Karena memang sangat mengganggu warga saat melintas nantinya. “Jadi harusnya desa tetangga segera keruk sampah yang sudah membusuk dan berbau itu,” katanya.
Baginya, jika ada warganya yang dengan sengaja membuang sampah sembarangan, maka akan diberikan sanksi. Hal itu agar nantinya dapat menciptakan lingkungan yang bersih. “Saya sering mengintai warga yang membuang sampah sembarangan, pernah kejadian dulu dan saya langsung hukum dia untuk memungutnya kembali dengan menggigit. Karena kalau tidak dibegitukan, maka tidak akan tumbuh kesadaran akan kebersihan lingkungan nantinya,” ujarnya.
Dia berharap, dengan adanya upaya tersebut tidak hanya menciptakan suasana wilayah yang bersih dan jauh dari kekumuhan. Akan tetapi menjadi upaya dalam menjalankan program pemerintah daerah dengan berharap seluruh wilayah bersih. “Jadi silahkan cek, kalau memang ada di wilayah kami yang masih ada TPS liar, maka itu akan langsung kami keruk dan hingga saat ini persoalan sampah di wilayah kami sudah dapat dituntaskan meski bertahap sebelumya,” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template