Diserang Wereng, Terendam Banjir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Diserang Wereng, Terendam Banjir

Diserang Wereng, Terendam Banjir

Written By Mang Raka on Kamis, 16 Februari 2017 | 12.00.00

- Derita Petani Tirtamulya

TIRTAMULYA, RAKA - Sungguh nahas nasib para petani di Pasirmalang RT 01 RW 01, Desa Parakanmulya, Kecamatan Tirtamulya. Selain lahannya diserang hama wereng, sawah siap panen yang mereka olah juga ludes terendam luapan air Sungai Kali Bawah.
Seorang petani, Icih (61) mengatakan, sawah milikinya yang telah ia rawat berbulan-bulan, harus terendam setelah Sungai Kali Bawah kembali mluap. “Sawah saya sudah terendam, kemungkinan kali ini gagal panen,” ucapnya kepada Radar Karawang, Rabu (15/2) kemarin.
Ia juga mengatakan, dirinya mengeluhkan dengan kondisi pertanian tahun ini. Karena sebelum panen tiba, sawahnya diserang hawa wereng yang jumlahnya kian tinggi. “Saya rugi 4 jutaan rupiah, itu pokoknya aja. belum tenaga tiap hari yang harus dikeluarkan,” ucapnya.
Petani lain, Ma’ah (40) mengatakan,  dirinya tidak terlalu khawatir dengan sawah yang sudah terendam air. Karena dia sudah mengetahui sebelumnya, bahwa di musim penghujan bukan hal yang baru baginya pesawahan tergenang air luapan sungai. “Disini sering banjir kayak gini, penan juga paling satu kali dalam satu tahun. Saya cuma modal 2 juta,” ucapnya.
Ketua LPM Desa Parakanmulya, Kaeman (71) mengatakan, dirinya yang juga berprofesi sebagai petani masuk kelompok tani Tirtamulya, sudah menghimbau kepada warganya kalau golongan satu yang berlokasi di sekitaran sungai, harus mulai tanam pada bulan Oktober. ”Kalau mulai bulan 10 pasti bulan 12 atau 1 itu bisa dipanen. Tapi kenyataan sekarang harus sama terendam,” ucapnya.
Ia juga menyadari tahun ini bukan tahun yang baik untuk pertanian. Karane berbagai kendala seperti serangan hama wereng coklat, serta rendahnya harga jual padi yang kian menurun, membuat para petani kebingungan. “Kita dulu serentak buat penyemprotan massal buat basmi wereng,” ucapnya (mg2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template