Desak Pusat PNS kan Guru Honorer - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Desak Pusat PNS kan Guru Honorer

Desak Pusat PNS kan Guru Honorer

Written By Mang Raka on Kamis, 09 Februari 2017 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA – Pemerintah pusat didesak agar secepatnya mengangkat guru honorer menjadi pegawai negeri sipil (PNS) untuk mengatasi permasalahan daerah yang kekurangan guru. Saat ini saja, Karawang mengalami kekurangan guru PNS sebanyak 5.861 orang.

"Kekurangan guru di Karawang akan terus terjadi jika pemerintah pusat tidak inisiatif untuk melakukan pengangkatan guru berstatus honorer menjadi pegawai negeri sipil (PNS)," kata Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Karawang, Nandang Mulyana, Rabu (8/2).
Dikatakannya, kekurangan guru yang berstatus PNS di Karawang terjadi karena pengangkatan guru PNS tidak seimbang dengan jumlah guru PNS yang pensiun. Bahkan, dari total sekitar 20 ribu guru di Karawang, hanya sekitar 7 ribu guru yang berstatus PNS. Sisanya adalah guru honorer. “Sementara pemerintah pusat menggelorakan peningkatan SDM dan IPM, sedangkan gurunya, siapa yang bertanggungjawab,” tandas Nandang.
Menurut Nandang, saat ini  harus ada revitalisasi pengadaan guru oleh pemerintah pusat. Kondisi di Karawang cukup miris. Dia mencontohkan kondisi di SMAN 6 Karawang, di sekolah tersebut yang berstatus PNS hanya kepala sekolahnya saja. “Di SMA Negeri 2 Telukjambe juga yang PNS hanya kepala sekolahnya saja,” terang Nandang.
Diakuinya, banyaknya jumlah guru honorer juga membebani daerah. Anggaran Rp. 42 miliar hanya dihabiskan untuk memberikan honor bagi guru honorer saja. Pemerintah pusat juga harus mempertimbangkan hal itu. “Anggaran sebesar itu bisa untuk pembangunan infrastruktur pendidikan. Jangan selalu mendesak kami untuk meningkatkan nilai IPM dan SDM, tapi juga perhatikan kami sebagai guru,” ungkapnya.
Sekretaris BKPSDM Karawang, Asep Aang beberapa waktu lalu mengatakan jika pengadaan PNS merupakan kewenangan pusat, namun pihaknya sudah melakukan pengajuan kepegawaian ke pemerintah pusat. Sehingga, kekurangan guru yang terjadi di Karawang, karena belum adanya pengangkatan guru PNS. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template