Dandim Tanam Padi di Jatilaksana - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dandim Tanam Padi di Jatilaksana

Dandim Tanam Padi di Jatilaksana

Written By ayah satria on Sabtu, 11 Februari 2017 | 14.00.00

PANGKALAN,RAKA - Dinas Pertanian Kabupaten Karawang menggelar gerakan tanam padi serempat di areal persawahan Kampung Cibeureum, Desa Jatilaksana, Jumat (10/2). Kegiatan itu dilakukan bersama Kodim 0604 Sunan Gunungjati, Karawang.
Kegiatan juga dihadiri Muspika Kecamatan Pangkalan beserta gabungan kelompok tani Sauyunan, Kecamatan Pangkalan dengan luas areal 45 hektare. Hadir juga Sekertaris camat Pangkalan, Bunawan, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Karawang Ir. Wawan Kuswandi, UPTD Pertanian Kecamatan Pangkalan Yuyu Yudaswara.SP, Danramil 0410 Pangkalan.Kapt.Inf.Supriyadi, Kepala Desa Jatilaksana, Asep Saefuloh beserta jajaran Babinsa juga Petugas lapangan pertanian seKecamatan Pangkalan.
Dandim 0604 Sunan Gunungjati Letkol. Arm. Ayi Yosa Karyawinaya menyampaikan gerakan tanam padi serentak itu bertujuan untuk memberikan semangat kepada para poktan yang ada di wilayah Kecamatan Pangkalan dalam mendukung program pemerintah dalam kedaulatan pangan menuju swasembada pangan khususnya.
Selain itu, Dandim juga memerintahkan kepada Babinsa yang ada di wilayahnya agar selalu melakukan pendampingan terhadap kelompok tani mulai dari tanam sampai panen. “Mantri Tani, PPL dan Babinsa harus senantiasa bersinergi, juga  berorientasi untuk menjadi petani yang modern, jadi manfaatkan dan gunakan alat pertanian yang modern seperti handtraktor dan mesin penanam padi untuk mencapai hasil yang maksimal,” tegasnya.
Sementara Kabid Tanaman Pangan Pertanian Kabupaten Karawang menyampaikan agar semua pihak terkait mendukung program peningkatan ketahanan pangan serta percepatan peningkatan produksi tanaman pangan di Kabupaten Karawang dan Kecamatan Pangkalan khususnya. Ia berharap semua tugas dilakukan dengan bersinergi dan terpadu. Untuk melakukan peningkatan produksi dan produktivitas pertanian, menurut Wawan tidak hanya dengan menggunakan benih unggul bermutu, tapi juga ada faktor lain  yang mempengaruhi seperti ketersediaan air dan dukungan dari semua pihak terkait. Karenanya, berbagai langkah dan upaya untuk meningkatkan pembangunan pertanian, selain terus memacu peningkatan produksi sebagai komoditas unggulan, juga harus diimbangi dengan meningkatkan pendapatan petani.
Demikian ditegaskan oleh salah satu petugas lapangan pertanian UPTD Pertanian Kecamatan Pangkalan, Ace Sugianto menjelaskan bahwa jenis tanam padi Inpari yang di tanam serempak oleh Dandim 0406 Karawang dan Muspida merupakan jenis padi unggulan yang tahan akan berbagai penyakit padi seperti blast, keong mas dan tikus. "Saya yakin upaya tanam serempak yang di dengungkan Dandim beserta Muspida akan berhasil karena jenis padi yang ditanam merupakan padi unggulan yang bisa diharapkan sehingga petani akan merasa nyaman dan mendapatkan hasil yang memuaskan," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template