Dana Desa 2017 Terancam Ditangguhkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dana Desa 2017 Terancam Ditangguhkan

Dana Desa 2017 Terancam Ditangguhkan

Written By Mang Raka on Kamis, 09 Februari 2017 | 14.30.00

*Pemerintah Desa Lamban Membuat Laporan APBDes 2016

CILAMAYA WETAN, RAKA - Meski setiap tahun meminta kenaikan gaji dan Penghasilan Tetap (Siltap), tetap tidak membuat pemerintah desa berbenah untuk meningkatkan kinerjanya. Buktinya, walau hampir memasuki pertengahan Februari namun realisasi laporan APBDes hingga kini belum juga terlaksana.

Akibatnya juga sangat Fatal, sebab Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) mengultimatum semua desa yang belum melaporkan realisasi APBDes 2016 lalu pertanggal 15 Februari, Kementrian Desa (Kemendes) mengancam menangguhkan pencairan dana desa di Karawang.
Disela-sela Musrenbang Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Pemerintahan Desa DPMD Karawang, Budiman Achmad mengatakan, RPJMDes disusun kemudian harus dilakukan RKPDes pada juli setiap tahun untuk ditetapkan di bulan September, dan RKPDes ini menjadi rujukan untuk menyusun APBdes ditahun-tahun berikutnya.
Pihaknya sebut Budiman, sudah surati semua desa agar laporan-laporan ini diselesaikan. Nyatanya, dari 297 desa, baru 3 desa saja yang masuk laporan penyelesaian realisasi APBdes tahun 2016 kemarin,  disisi lain diakui Budiman, Kementrian Desa menargetkan agar Kabupaten/kota sudah mengirimkan berkas laporan itu pada 15 Februari, disisi lain laporan yang formatnya sudah ada berdasarkan Permendagri 113 ini, masih memble di desa-desa masuk ke meja DPMD. "Kita sudah ditarget agar laporan realisasi APBDes 2016 ini sudah masuk ke Kemendes pada 15 Februari ini, ternyata sampai 8 Februari, dari 297 desa baru 3 desa saja yang sudah laporan," sesalnya.
Budiman menambahkan,  bagi Kabupaten/kota yang tidak memenuhi target waktu pelaporan itu, Kemendes memberikan sinyal bahwa Dana Desa di Karawang akan ditangguhkan pencairannya tahun 2017 ini. Memang ini spele karena sebatas deadline laporan yang harus masuk, tapi akan berdampak luas jika desa-desa masih mengabaikan tugas dan tanggungjawabnya.
Untuk itu, ia mewanti-wanti agar tidak ada keterlambatan, ia desak desa-desa harus sudah menyerahkan laporan realisasi anggaran dan APBdes 2016 ini pada tanggal 11-12 Februari ini, itu agar tanggal 15 yang ditarget Kemendes, sudah bisa dipenuhi sehingga Karawang slamat dari ancaman penangguhan dana desa tahun 2017 ini. "Laporan realisasi APBdes 2016 harus sampai di Kemendes 15 Februari ini, maka bagi Kabupaten tak memenuhi target waktu itu, pencairan Dana Desa akan ditangguhkan," ungkapnya.
Camat Cilamaya Wetan, Drs H Hamdani mengatakan, memenuhi deadline agar ancaman dana desa tidak ditangguhkan, sedari awal surat dari DPMD itu sudah disampaikan ke desa-desa agar menyelesaikan administrasi dan pelaporan APBDes 2016 lalu, bahkan ia paksa Kasie Ekbang Kecamatan dan Kaur Ekbang desa-desa di Cilamaya Wetan agar berembuk mengerjakan laporan realisasi APBdes tahun 2016 ini berjamaah dikantor Kecamatan, betapapun sampai larut malam.
Dia juga berharap target 12 Februari masuk ke DPMD ini bisa terpenuhi dan 15 Februari sudah ada di meja Kementrian Desa (Kemendes). Dirinya juga minta, para Kades jangan asal omdo menyanggupi dan siap, karena dari pengalaman-pengalaman yang ada, justru masih saja malas membuat laporan. "Memuluskan laporan, saya minta semua Ekbang desa berkumpul dan menyusun bersama di Kecamatan, walaupun samai larut malam, biar tanggal 12 Februari sudah masuk ke DPMD," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template