Camat Gelar Rapat Bahas Dana Pembangunan Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Camat Gelar Rapat Bahas Dana Pembangunan Desa

Camat Gelar Rapat Bahas Dana Pembangunan Desa

Written By Mang Raka on Rabu, 01 Februari 2017 | 12.00.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Pertanggungjawaban penggunaan dana desa di wilayah Kecamatan Telukjambe Barat dibahas, kemarin, melalui rapat minggong kecamatan, yang berlangsung di aula kecamatan tersebut. Selain semua kepala desa kegiatan itu juga menghadirkan aparatur penting kecamatan terkait persoalan itu.

Camat Telukjambe Barat Drs. Maman Suryaman menyampaikan, desa merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat, berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai konsekuensi logis adanya kewenangan dan peran penting dari Desa adalah tersedianya dana yang cukup. Salah satu sumber pendapatan desa yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah adalah bagian dari dana perimbangan keuangan pusat dan daerah yang diterima oleh  Kabupaten/Kota  yang  merupakan Alokasi Dana Desa atau (ADD).
"Melalui Alokasi Dana Desa, desa ataupun kelurahan berpeluang untuk mengelola pembangunan, pemerintahan dan sosial kemasyarakatan desa secara otonom. Alokasi Dana Desa adalah dana yang diberikan kepada desa yang berasal dari dana perimbangan keuangan pemerintah pusat dan daerah yang diterima oleh Kabupaten/Kota," ucap camat.
Sementara Pemberian Alokasi Dana Desa, lanjut camat, merupakan wujud dari pemenuhan hak desa untuk menyelenggarakan otonominya. Sehingga tumbuh  dan berkembang mengikuti pertumbuhan dari desa itu sendiri berdasarkan keanekaragaman, partisipasi, otonomi asli, demokratisasi, pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan peran Pemerintah Desa dalam memberikan pelayanan dan  meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memacu percepatan pembangunan dan pertumbuhan wilayah.
Kepala seksi ekonomi dan pembangunan Kecamatan Telukjambe Barat, Ubaidilah.Sip dengan tegas mengatakan agar secepatnya laporan dana desa untuk Kecamatan teluk jambe barat. Dia meminta kepada seluruh kepada desa untuk bisa menyelesaikan administrasi laporan sebaik mungkin. "Saya betharap seluruh kepala desa bisa sinergis dan secepatnya menyelesaikan admnistrasi laporan penggunaan dana desa bisa selesai dengan baik agar bisa di ketahui apa saja yang masih kurang.Lanjutnya,Saya pun memberitahukan bahwa di bulan maret Badan Inspektorat pun akan lakukan pemeriksaan internal," tegas Ubaidillah.
Di sela-sela rapat, Pjs Kades Wanakerta, H.Ocang SH menerangkan jika diri beserta aparatur desanya telah selesai mengerjakan laporan sesuai dengan rencana. Dirinya pun menerangkan jika permasalahan administrasi secara faris besar bisa tertanggulangi dengan baik. "Implementasinya sudah dilaksanakan dengan baik di wilayah desa kami dan sekarang tinggal menindak lanjuti dan menjaga apa yang sudah di sepakati bersama," katanya. (yfn)


Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template