Blanko E-KTP Masih Langka - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Blanko E-KTP Masih Langka

Blanko E-KTP Masih Langka

Written By Mang Raka on Sabtu, 25 Februari 2017 | 15.00.00

KLARI, RAKA - Kelangkaan blangko KTP Elektrik menuai keluhan lagi. Saat ini untuk mensiasati kelangkaan tersebut warga menggunakan surat keterangan kependudukan sementara yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Ddsdukcatpil) Kabupaten Karawang.

"Memang sampai sekarang Blangko E- KTP masih langka, dan itu berlaku secara menyeluruh di kabupaten Karawang," tandas Kasie Pemerintahan Desa Duren, Lili Sukarli,  kepada Radar Karawang di ruang kerjanya, Jumat (24/2). Bahkan sampai sekarang, lanjut dia belum ada kepastian kapan adanya blangko untuk pembuatan E-KTP Elektrik nantinya.
Lili melanjutkan, meski saat ini persoalan kelangkaan tersebut masih dirasakan sejak lama. Akan tetapi, untuk sementara warga yang akan melakukan pembuatan E-KTP diberikan surat sementara yang dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) disaat kelangkaan masih terjadi. Hal itu dikarenakan kurangnya ketersediaan blangko yang diperuntukan warga saat usai perekamannya dalam pembuatan E-KTP nantinya.
"Jadi sekarang itu, diberikan surat sementara sambil menunggu blangko. Entah sampai kapan itu akan ada, yang pasti untuk saat ini ketika masyarakat akan melakukan pembuatan E-KTP maka nanti usai perekaman akan diberikan surat kependudukan sementara di Disdukcatpil Kabupaten Karawang, karena yang berhak memberikannya itu di pihak dinas," katanya.
Namun, ketika Radar Karawang menyinggung kepastian kelangkaan Blangko E-KTP yang diperuntukan warga dalam bidang adminitsrasi kependudukan. ia tidak menampik, kalau hingga saat ini pihaknya belum mengantongi informasi perihal kepastian waktunya. Maka itu, meski pun saat ini sedang terjadi kelangkaan Blangko E-KTP namun hal tersebut masih dapat diminimalisir dengan adanya surat kependudukan sementara sehingga nantinya masyarakat masih dapat menggunakannya. "Fungsinya sama, sambil menunggu kepastian kapan kelangkaan ini akan mulai dikurangi. Karena kelangkaannya tidak hanya diwilayah ini saja, tapi juga sudah menyeluruh hingga seluruh Indonesia," ucapnya.
Disamping itu, Yuyun, Warga Kosambi, Desa Duren mengatakan, saat ini keluhan dalam administrasi kependudukan memang dirasakan akibat ketidak adanya ketersediaan Blangko saat mengurusi pembuatan KTP di Kecamatan. Walaupun, untuk saat ini sudah disiasati dengan adanya surat sementara yang diberikan Dinas Kependudukan. "Iya nih, saya pas bikin KTP dikasihnya hanya identitas sementara di kertas warna hijau yang dikasihkan Dinas Kependudukan, katanya sih blangko KTP masih belum ada," Ucapnya.
Namun, dia berharap, agar Pemerintah dapat segera menyediakan kembali keberadaan Blangko untuk para warga yang akan mengurusi pembuatan KTP nya. Karena tidak lama lagi akan disibukan dengan para pembuat E-KTP yang memang masih pemula. "Apalagi sebentar lagi mau ada kelulusan sekolah lagi. Jadi bakal kaya dulu lagi banyak pemula yang melakukan rekamannya. Jadi biar tidak banyak berkas yang menumpuk setidaknya mulai dipercepat blangko diadakan," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template