Bentengi Siswa dengan Pendidikan Agama - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bentengi Siswa dengan Pendidikan Agama

Bentengi Siswa dengan Pendidikan Agama

Written By Mang Raka on Rabu, 01 Februari 2017 | 13.30.00

KARAWANG, RAKA - Pendidikan agama adalah kunci bagi setiap orang dalam membentuk karakter yang baik, disiplin dan bertanggung jawab, hal tersebut disampaikan langsung oleh Dra. Elis Nurhasanah, salah satu guru agama Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Karawang.
Menurutnya, pendidikan agama merupakan prioritas bagi setiap pendidikan yang ada d sekolah maupun diluar sekolah. Sebab, menurutnya, ketika seseorang tahu dan paham tentang agama, secara tidak langsung mereka tahu yang baik dan yang tidak baik. "Kalau mereka sudah kuat dipondasi keagamaanya, saya yakin tidak akan ada lagi kenalakan remaja atau pelajaran yang terjadi di Karawang," katanya.
Maka dari itu, pendidikan tentang keagamaan harus menjadi mata pelajaran paling utama yang dibutuhkan oleh siswa, terutama dalam membentuk siswa yang berakhlakul kharimah. Hal tersebut bisa saja dilakukan dengan beberapa materi tentang keagamaan maupun tentang pelaksanaanya secara langsung diterapkan kepada siswa. "Memberikan hapalan tentang baca tulis Al Quran dan memberikan membiasakan siswa untuk terus melaksanakan apa yang diperintah oleh agamanya masing-masing, dan menjauhi larangganya," tuturnya.
Meskpiun dengan kemajuan zaman, budaya mebaca Al Quran semakin hari semakin luput, sama halnya dengan pengajian yang dulu sering dilakukan di rumah-rumah, hal tersebut bisa juga dilakukan kembali, baik di sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Ada beberapa kegiatan keagamaan seperti siswa mengikuti ekskul rohis dan aktif dikepemudaaan masjid. "Bagaimanapun juga kita fasilitas siswa dengan kegiatan yang positif, setiap harinya agar mereka disibukan dengan tugas agar terhindar dari kegiatan yang tidak diinginkan," ungkapnya.
Kenakalan remaja atau pelajaran yang kerap terjadi, bisa saja itu merupakan kurangnya perhatian oangtua maupun lingkungan sekitar dalam mendidik siswa. Oleh sebab itu, ketika mereka diberikan kesibukan, maka itu akan mengurangi mereka untuk melakukan hal yang tidak pantas dilakukan oleh pelajar. "Perlu pengawasan dari orang tua sekolah dan lingkungan juga, terutama dari kesadaran masing-masing siswa itu sendiri," pungkasnya. (yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template