Belum Ada Pos Pengadaan Motor Tahun Ini - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Belum Ada Pos Pengadaan Motor Tahun Ini

Belum Ada Pos Pengadaan Motor Tahun Ini

Written By Mang Raka on Senin, 20 Februari 2017 | 13.30.00

TEMPURAN, RAKA - Harapan 70 pengawas SD dalam Forum Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS) untuk memiliki motor dinas nampaknya belum mendapat sinyal positif di anggaran tahun ini. Kepastian tersebut terungkap ketika Radar Karawang mempertanyakan itu kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Kadisdikpora) Dadan Sugardan, akhir pekan (18/2) kemarin, saat menghadiri pelantikan pengurus Kwaran Pramuka Kecamatan Tempuran.

Kadis mengatakan, pengadaan motor atau kendaraan roda dua operasional untuk pengawas SD, merupakan PR Dinas sejak pertama dirinya dilantik sebagai Kadisdik. Tahun kemarin sebutnya, sebenarnya sudah diupayakan pihak Dinas untuk meneruskan harapan KKPS yang sejak 2013, baru setengahnya saja mendapati motor Dinas penunjang kinerjanya ini.
Hanya saja, harus dipahami semua pihak, bahwa tahun kemarin ada defisit anggaran akibat dampak pemangkasan Dana Alokasi Umum (DAU), sehingga pengadaan motor tersebut tertunda. Sementara tahun ini, diakui Dadan, juga belum masuk pos anggaran, sehingga belum dipastikan bisa realisasi tahun ini, atau tambahnya, bisa diupayakan kalau masih ada di APBD Perubahan, lagi pula anggaran yang dibutuhkan setidaknya hanya sekitar Rp 500 jutaan saja, ini yang akan dipikirkan bersama. "Pengadaan Motor pengawas SD jadi PR Dinas itu, kita akui. Tapi tahun ini belum ada pos lagi, paling kalau ada kita upayakan di perubahan," ujarnya.
Lebih jauh, Kadis asal Desa Pulomulya, Kecamatan Lemahabang ini menambahkan, kalau ada sisa anggaran di Perubahan, ia upayakan akan di perjuangkan bisa tidaknya terealisasi tahun ini, sebab ia tak menampik, dibanding penyuluh pertanian dan KB yang memiliki inventaris motor, pengawas SD yang jumlahnya tak jauh beda ini perlu ditopang dengan motor operasional untuk kinerja lapangannya. Sempat ada yang tanya sebut Dadan, anggaran Dinas Pendidikan dalam setahun berapa. Dia menjawab sekitar Rp 1 Triliun, lantas mengapa membiayai sekolah ambruk hingga invetaris motor pengawas saja tidak mampu, persoalannya memang hampir 90 persen diantaranya, lebih didominasi belanja pegawainya, karenanya perlu pemikiran semua pihak menyelsaikan proses pendidikan ini. "Pejabat fungsional lain kan cepet tuh dapat motor, semoga saja ada sisa anggaran di Perubahan nanti tahun ini," ungkapnya.
Sebelumnya, Ketua Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS) Karawang, Dadang Hermawan mengakui, dari 114 pengawas SD, tinggal 70 orang lagi yang belum mendapati kendaraan operasional, terakhir diberikan sekitar tahun 2013 bersama fungsional lainnya seperti Penilik dan Pengawas SMP dan SMA. Hingga sejauh ini, belum ada lagi operasional kendaraan bagi pengawas, padahal melalui kelembagaan KKPS diakui Dadang, sudah diperjuangkan dan di ajukan. Karena, melihat hitung-hitungan, 70 orang dikalikan Rp 10 juta saja harga perunitnya, Pemkab hanya perlu anggarkan Rp 700 juta saja untuk pengadaan kendaraan bagi pengawas, namun sayangnya, sampai dengan saat ini belum jelas kapan bisa ada realisasi lanjutannya. "Kita sudah usulkan, jenis mah gak disebutin, yang penting ada saja, alhamdulillah, transport pengawas tidak ada, kan elok juga kalau diberi kendaraan operasional mah," ujarnya.
Lebih jauh Dia menambahkan, bagi pengawas yang belum dapat motor, hanya mengandalkan warisan dari pengawas yang pensiun saja. Jujur diakui Dadang, keberadaan kendaraan operasional desa ini sangat memudahkan mobilitas kerja para pengawas. Sebagai pembanding saja dengan pejabat Fungsional lainnya, Pengawas memang kurang menjadi prioritas karena memang jumlahnya banyak, sementara yang lain jumlahnya lebih sedikit. "Mungkin karena jumlah pengawas mah terlalu banyak, jadi belum di pos kan prioritas," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template