Ayo Jajan di Warung Tetangga - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ayo Jajan di Warung Tetangga

Ayo Jajan di Warung Tetangga

Written By Mang Raka on Rabu, 01 Februari 2017 | 13.00.00

- Gerakan SMP IT Mentari Ilmu

KARAWANG, RAKA - Membiasakan buat belanja ke warung tetangga dibandingkan harus pergi ke supermarket, ternyata banyak manfaatnya juga loh, selain bisa menjaln silaturahmi dengan lingkungan sekitar bisa membantu perekonomian juga.
Seperti yang tengah digalakan oleh Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu (IT) Mentari Ilmu Karawang kepada setiap siswanya. Daud Maulana M.Pd Humas SMP IT Mentari Ilmu menyampaikan, bahwa program gerakan belanja di warung merupakan suatu program sekolah dalam menyadarkan setiap siswa maupun orangtuanya di rumah. Karena bagi dia, jika dilihat dari indek angka kemiskinan secara luas, Indonesia termasuk dalam urutan yang tidak jauh dari negara miskin yang ada di dunia. Untuk mengurangi hal tersebut, setidaknya masyarakat maupun siswa diajak untuk mengenal gerakan belaja di warung, agar perekonomian yang berada di lingkungan tempat tinggalnya bisa terbantu. "Banyak juga manfaatnya, kan selain itu bisa menjadi pemerataan ekonomi juga untuk tingkat menengah," tuturnya.
Gerakan belanja di warung juga akan terus dilakukan secara terus menerus, baik lewat antar individu setiap siswa, maupun lewat tugas yang dberikan sekolah. Seperti halnya memberikan instrumen atau tugas di lapangan, agar siswa bisa melakukan riset laporan untuk menghitung sejauhmana perbedaan ketika belanja di warung tetangga dengan belanja di supermarket. "Pertama selain kita galakan lewat Pusat Informasi Konseling Remaja (Piker), kita juga buat seperti tugas," jelasnya.
Gerakan belanja di warung tersebut pun ternyata mendapat respon baik dari setiap siswa, seperti yang diungkapkan oleh Aundri Zainun Nizza, siswi kelas VIII Fatimah, dengan kerap melakukan kegiatan perbelanjaan di warung, akan memperkuat tali silaturahmi anatr tetangga di sekitar rumah. "Kita bisa silahturahmi, soalnya jarang juga kita silaturahmi ke tetangga, coba kalau sambil jajan atau belanja ke warung, itu kan bisa membantu kita untuk lebih dekat, jadi bukan hanya kenal saja tapi ngobrol juga," ungkapnya.
Hal serupa juga disampaikan Hanifah Fitria Ekowati, bagi perempuan yang memiliki wajah manis ini, jika belanja ke warung banyak manfaatnya. Selain jarak yang lebih mudah atau dekat warung tetanga, juga dapat membantu perekonomian keluarga untuk memenuhi kebutuhanya. "Sudah jelas kalau jarak lebih deket dibanding supoermarket, terus bisa silaturahmi juga sama tetangga," ucapnya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template