Asep Kadarusman Bebas, Jaksa Melawan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Asep Kadarusman Bebas, Jaksa Melawan

Asep Kadarusman Bebas, Jaksa Melawan

Written By ayah satria on Selasa, 07 Februari 2017 | 15.00.00

Sidang di Pengadilan Tipikor Bandung

KARAWANG, RAKA - Kepala seksi pidana khusus Kejari Karawang Titin Herawati Utara, membenarkan terdakwa Asep Kadarusman dibebaskan hakim Pengadilan Tipikor Bandung, usai menerima eksepsi kuasa hukum terdakwa dalam putusan sela yang dibacakan, Senin (6/2) kemarin.
Dalam putusan sela tersebut Majelis hakim yang dipimpin Lince Anna Purba menolak dakwaan tim jaksa penuntut umum (JPU) dan membebaskan terdakwa Asep Kadarusman. "Iya betul hakim mengabulkan eksepsi terdakwa yang dibacakan kuasa hukumnya. Tapi kita akan melakukan perlawanan di Pengadilan Tinggi dan sekarang kita sedang mempersiapkan semuanya," kata Titin kepada wartawan, kemarin.
Meski begitu, Titin akan tetap menghormati putusan tersebut, karena merupakan kewenangan hakim pengadilan tipikor untuk memutuskan perkara ini. Hanya saja, sambung  dia, pihaknya mengaku kecewa karena hakim yang menyidangkan perkara tersebut bersidang tidak biasanya. Berdasarkan Pasal 156 KUHAP, proses persidangan diawali dengan pembacaan dakwaan kemudian eksepsi dan tanggapan JPU atas eksepsi tersebut kemudian hakim membacakan putusan sela. "Setelah kita memberikan tanggapan, hakim tidak langsung memutuskan tapi malah meminta berkas hasil persidangan praperdilan di Pengadilan Karawang. Setelah itu baru hakim membuat putusan sela. Ini yang saya katakan tidak biasanya seperti itu," keluhnya.
Kendati Asep Kadarisman saat ini sudah menghirup udara bebas, namun perkaranya belum selesai karena jaksa memberikan perlawanan atas putusan tersebut. "Iya kita kan masih melakukan perlawanan atas putusan hakim. Jadi belum bisa dikatakan selesai. Kita tunggu saja hasilnya nanti, yang penting kami masih berupaya meyakinkan hakim atas dakwaan kami," katanya.
Sebelumnya  Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang menahan Asep Kadarusman, Kepala Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel terkait kasus dugaan korupsi penarikan sejumlah uang dari pengusaha limbah. Asep ditahan oleh kejaksaan ke Lapas Kebon Waru, Bandung, setelah penyidik dari kepolisian melimpahkan kasus tersebut ke kejaksaan. Asep sebelumnya ditangkap kepolisian saat dilakukan operasi tangkap tangan karena melakukan pemerasan terhadap salah seorang pengusaha. Namun Asep melakukan praperadilan ke Pengadilan Negeri (PN)  Karawang. Selanjutnya PN Karawang mengabulkan permohonan tersangka dan memerintahkan penyidik untuk membebaskannya. Namun pihak kepolisian kembali melakukan pemeriksaan terkait korupsi dana yang diberikan sejumlah pengusaha limbah. Asep diduga  menarik uang dari sejumlah pengusaha untuk keperluan dana  kas desa. Namun saat dilakukan pemeriksaan, ternyata uang yang diberikan oleh para pengusaha tidak masuk ke kas desa melainkan  digunakan untuk kepentingan pribadi.
Di tempat terpisah, Supriyadi kuasa hukum Asep menyatakan, sudah sejak awal pihaknya menilai perkara yang menimpa kliennya sarat kepentingan. Terlebih lagi, kasus tersebut sangat kuat dan penuh rekayasa, terutama operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Asep setahun silam. “Pada prinsipnya, kasus ini penuh rekayasa. Jadi, kalau di persidangan tingkat manapun, hampir bisa dipastikan, klien kami bebas dari tuntutan,” tandasnya.
Supriyadi  menyatakan, dengan bebasnya tuntutan hukum terhadap kliennya, sebagaimana hasil putusan, saat itu juga harus dibebaskan. “Dalam putusan ini, klien kami harus dibebaskan seketika setelah dibacakannnya putusan,” ungkapnya.
Atas  putusan  tersebut, Supriyadi menilai, jaksa penuntut umum (JPU) kemungkinan tidak akan melakukan banding. “Iya belum pasti. Tadi jaksa masih pikir-pikir (untuk banding, red),” terangnya.(ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template