Anak SD Sudah Hisap Ganja - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Anak SD Sudah Hisap Ganja

Anak SD Sudah Hisap Ganja

Written By ayah satria on Selasa, 07 Februari 2017 | 14.30.00

JAYAKERTA, RAKA - Beredaran narkoba di kalangan pelajar, sudah menyebar hingga ke tingkat sekolah dasar (SD). Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Karawang pernah menemukan ada anak SD yang positif mengisap ganja.
Untuk menekan tingginya peredaran dan penyalahgunaan narkoba dikalangan pelajar, badan narkotika nasional (BNN) Kabupaten Karawang melalui penyuluhnya mensosialisasikan tentang bahaya narkoba pada guru dan staf sekolah di lingkungan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan Kecamatan Jayakerta.
Penyuluhan yang bertempat di Sekolah Dasar (SD) Negeri Kampungsawah 3 ini, diawali dengan kegiatan senam sehat yang dikhususkan untuk semua guru dan kepala sekolah, dilanjutkan dengan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba.
Penyuluh BNNK Noviyanti Pratiwi mengatakan, selain senam sehat, kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara terus menerus dan berkala. Kegiatan sosialisai ini juga bukan merupakan yang pertama dilakukan BNNK. pasalnya sebelumnya sudah sering dilakukan yang bekerjasama dengan beberapa UPTD Pendidikan, kepala sekolah, dan guru-guru. "Kegiatan sosialisasi ini bukan yang pertama kali bagi kami, sebelumnya kami juga sering melakukan kerjasama dengan beberapa UPTD Pendidikan dengan kepala sekolah dan guru," katanya, kepada Radar Karawang, Senin (6/2) kemarin.
Dengan kehadiran para kepala sekolah dan guru, sambung dia, ia berharap kepala sekolah dan dewan guru bisa mentransformasikan kembali kepada pelajar tentang bahaya narkoba yang sudah disampaikan dalam kegiatan sosialisasi sekarang ini. Ia melanjutkan, hasil pantauan di lapangan, ia mengaku belum pernah menemukan siswa SD yang positif menggunakan narkotika. Adapun yang pernah ia temukan yakni untuk jenis narkoba bahan adiktif seperti ganja dan psikotropika kelas dextro. Namun ia lebih sering menemukan pelajar yang positif menggunakan narkotika di tingkat yang lebih tinggi dari SD seperti SMP sederajat dan SMA sederajat. "Untuk mencegah itu semua terjadi kembali, kami mengadakan test urin bagi peserta didik baru, karena kita komitmen bersama dengan disikpora yang mana kegiatannya adalah test urin pada peserta didik baru kelas 10 atau SMA kelas 1," ujarnya.
Untuk siswa yang kedapatan menyalahgunakan narkotika, diupayakan untuk direhabilitasi. Hal itu dilakukan, agar pelajar tersebut bisa melanjutkan sekolahnya. "Dan kalaupun mereka harus dipenjara, berarti itu memutuskan pendidikannya. Namun dikembalikan lagi seberapa berat dia terlibat, kalau hanya sebatas memakai atau penyalahgunaan kita upayakan untuk di rehabilitasi, tapi kalau diyakini sebagai pengedar mau gak mau kita penjarakan," urainya.
Ia berharap dengan adanya sosialisasi ini, kepala sekolah dan dewan guru lainnya bisa menyampaikan kepada pelajar, agar pelajar mnegerti tentang bahaya narkoba. Misalkan melalui upacara setiap hari senin dan harus disempatkan dalam keadaan apapun. "Harapannya Karawang itu bersih dari yang namanya narkoba, tidak ada lagi penyalah gunaannya," kata dia.Kepala UPTD Kecamatan Jayakerta H Syarif Hidayatulloh MM menambahkan, ia sangat mengapresiasi dengan kegiatan sosialisai tentang bahaya narkoba yang di laksanakan di SDn Kampungsawah 3 ini, dan ia menyampaikan harapannya agar dunia pendidikan dijauhkan dari jenis narkoba apapun bentuknya. "Semoga lingkungan pendidikan di Kecamatan Jayakerta khususnya, bisa terhidar dari bahaya narkoba," pungkasnya. (mg3)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template