Ade Sudiana: Status Kelurahan Bisa Menjadi Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ade Sudiana: Status Kelurahan Bisa Menjadi Desa

Ade Sudiana: Status Kelurahan Bisa Menjadi Desa

Written By Mang Raka on Kamis, 16 Februari 2017 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Perubahan status dari Desa menjadi Kelurahan nampaknya hal yang sudah biasa didengar. Tetapi kalau kelurahan berubah status menjadi desa jarang terjadi. Padahal perubahan status baik dari desa ke kelurahan maupun dari kelurahan ke desa itu bisa dilakukan.

Menurut Kabag Pemerintahan, Ade Sudiana, berdasarkan PP 47 tahun 2015, perubahan PP 43 tahun 2014 dan Undang-Undang no 6 tahun 2014, tentang Desa, perubahan status desa menjadi kelurahan dan kelurahan menjadi desa itu bisa dilakukan. "Kalau desa jadi kelurahan itu biasa, tapi ini ada yang baru kelurahan bisa menjadi desa," ujar Ade, saat berbincang-bincang dengan Radar Karawang belum lama ini.
Dia mencontohkan, ada satu daerah di Aceh dimana kelurahannya semua berubah status menjadi desa. Meski demikian hal itu bisa dilakukan dengan adanya ketentuan yang berlaku. Sementara untuk di Kabupaten Karawang dia menilai masih jauh untuk bisa dilakukan, karena tahapannya cukup sulit. Baik itu perubahan desa jadi kelurahan maupun sebaliknya dari kelurahan ke desa. "Prosesnya, kalau perubahan dari desa ke kelurahan, bisa prakarsa dari bawah, bisa dari atas. Kalo dari bawah harus ada usulan dari masyarakat, terus rapat BPD dengan Kades, baru kemudian mengusulkan," ujarnya.
Meski demikian, dia mengakui untuk perubahan desa ke kelurhanan cenderung sulit. Karena tentunya kades tidak akan memberikan. Kecuali ada perintah dari atas, misalkan Karawang jadi Kota maka, desanya akan bertahap berubah menjadi kelurahan. Begitu juga untuk perubahan kelurahan berubah status menjadi desa, proseduralnya akan sulit kecuali ada perubahan status dari atasnya, yaitu yang tadinya kota kemudian berubah menjadi kabupaten. Kemudian syarat lainnya adalah pembentukan desa, jumlah penduduknya haru minimal 6.000 jiwa dan jumlah KK 1.200. "Kalau yang memungkinkan di karawang adalah, pemekaran kelurahan, kemudian jadi kelurahan baru," jelasnya.
Dia menyampaikan di Kabupaten Karawang sendiri, ada 12 Kelurahan yang masuk di Kecamatan Karawang Barat sebanyak 8 kelurahan dan Karawang Timur 4 kelurahan, sedangkan 4 lagi di Karawang Timur adalah Desa. "Yang jelas, kami menjalankan tugas sebaik mungkin sebagai pegawai. Karena kami hanya mengurus kelurahan. Kalau desa silahkan ke DPMPD," ujarnya.
Sementara jauh sebelumnya di Cikampek ada usulan beberapa desa untuk dijadikan Kelurahan, bahkan ada juga usulan dari Kepala Desa Cikampek Barat, H AA Nandang, agar desanya dilakukan pemekaran karena jumlah penduduknya sudah sangat operload. Hal itu disampaikan Nandang, saat ramapinya penangkapan terduga teroris di salah satu perumahan yang ada di Desa Cikampek Barat beberapa bulan lalu. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template