Tunjangan Guru SMA Jadi Rp 1 Juta - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Tunjangan Guru SMA Jadi Rp 1 Juta

Tunjangan Guru SMA Jadi Rp 1 Juta

Written By Mang Raka on Rabu, 11 Januari 2017 | 18.12.00

Kabar gembira untuk para guru SMA dan SMK se-Jawa Barat. Dalam acara Rapat Koordinasi SMA SMK se-Jabar di Pusdai Bandung, Selasa (10/1), Gubernur Jabar Ahmad Heryawan kambali menegaskan besaran Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) guru SMA/SMK dan tenaga kependidikannya, akan dinaikan ke angka psikologis sampai Rp 1 juta.
"Yang TPP-nya sudah mencapai 1 juta lebih kita pertahankan, sementara yang dibawah 500 ribu kita naikan ke angka 600 hingga satu juta" ujar Aher.
Kenaikan TPP itu menurut Aher semata untuk memberikan penghargaan lebih pada para guru, yang saat ini kewenangannya sudah di bawah Provinsi Jabar. Pasalnya, kata Aher, saat masih dikelola oleh pemerintah kabupaten/kota, TPP guru beragam bergantung kemampuan daerahnya masing-masing. Mulai Rp 50 ribu hingga Rp 350 ribu per bulannya. Hanya ada empat kabupaten/kota yang memberikan TPP guru SMA/SMK di atas Rp 1 juta, yakni Kota Bekasi Rp 2 juta, Kabupaten Bekasi Rp 1,3 juta, Kota Banjar Rp 1 juta, dan Kota Cirebon Rp 900 ribu. "Semua kabupaten kota berhak mendapat pendidikan yang berkualitas, maka dengan pengalihan kewenangan ini, kita juga akan meningkatkan kualitas pendidikan SMA/SMK. Semua harus merata," ujarnya.
Sedangkan untuk pengiriman Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMA/SMK diakuinya masih belum ada kepastian, karena pengiriman dana itu dari pemerintah pusat belum diterima. "Belum, dari pusat ke provinsi belum turun," kata Aher.
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Ahmad Hadadi mengatakan, keterlambatan pembayaran gaji bulan ini terjadi di seluruh daerah di Indonesia karena perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kelola (SOTK) pemerintah daerah, yang harus mengikuti PP 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah mengikuti perubahan Undang-Undang Pemerintah Daerah nomor 23/2014 yang berlaku mulai tahun ini. "Dana ini perlu diproses, pejabat baru dilantik sehubungan dengan PP 18 ini," kata dia. (pun/jb/tm/psn)


Kondisi SMA/SMK

Guru
Honorer
9.344 orang
PNS
43.878

SMA
Negeri
476 lembaga
Swasta
974 lembaga

SMK
Negeri
273 lembaga
Swasta
2.246 lembaga
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template