The Last Barongsai, CGV Karawang Penuh - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » The Last Barongsai, CGV Karawang Penuh

The Last Barongsai, CGV Karawang Penuh

Written By Mang Raka on Senin, 30 Januari 2017 | 15.30.00

KARAWANG, RAKA - Kho Huan (diperankan Tyo Pakusadewo) terpaku saat tangannya memegang surat undangan kejuaraan Barongsai yang terus datang dari tahun ke tahun. Namun, ia tampaknya tidak sedikit pun tertarik untuk membacanya.
Ia kemudian membuka lembar surat lain yang diterima. Kali ini berisikan pengumuman tentang anaknya, Gunadi atau Aguan (diperankan Dion Wiyoko) yang mendapatkan beasiswa kuliah ke Singapura. Bangga akan hal itu, ia pun mendukung sepenuhnya agar sang anak dapat meneruskan pendidikannya. Namun, untuk dapat mengklaim beasiswa itu, Aguan masih harus menyelesaikan administrasi dan persyaratan awal ke Singapura.
Di sisi lain, sebagai etnis Cina Benteng yang tinggal di Tangerang, Banten keluarga Kho Huan dulunya adalah pendiri sanggar Barongsai. Aguan berpikir, bila ia pergi menimba ilmu ke negeri seberang, siapa yang akan meneruskan sanggar itu. Apalagi sanggar itu sempat terlantar setelah wafatnya sang ibunda. Kho Huan sendiri menyesal, karena merasa tak mampu menghidupi keluarganya dari sekadar bermain Barongsai.
Barongsai pun menjadi pelampiasan kemarahan pada dirinya. Dari tahun ke tahun Kho Huan menyembunyikan surat undangan kejuaraan Barongsai dari Aguan. Ia tak ingin anaknya terjebak dan bergantung hidup dari membesarkan budaya Barongsai, seperti dirinya. Tapi Aguan tak sengaja menemukan surat kejuaraan yang disembunyikan sang ayah. Dilema menghampiri Aguan. Meneruskan studi atau memuaskan gairah bermain barongsai yang ada dalam darahnya. Ia yang keras kepala pun bersikukuh untuk ikut kejuaraan. Sementara dalam dirinya, masih tersimpan keinginan untuk terus bersekolah. Kho Huan yang mengetahui itu, berjanji sebisa mungkin mencarikan biaya dan meminta Aguan melupakan barongsai. Tapi haruskah warisan budaya dan sejarah keluarga itu dilupakan? “Untuk film Indonesia memang Karawang luar biasa antusias penontonnya. Bisa dibilang film apapun yang bergenre Indonesia selalu diserbu penonton,” ujar Marketing CGV Cinema, Reza, kemarin.
Dikatakannya, film Barongsai menjadi film tontonan saat libur Imlek ini. Dan ternyata bukan saja etnis China yang ikut menonton banyak juga pribumi. "Untuk film sifatnya general, apalagi Barongsai saat ini sudah milik semua orang. Dan merupakan hiburan kesenian, jadi banyak juga yang ingin tahu sejarah Barongsai di luar etnis Cina," pungkasnya.(dri)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template