Siswa Tidak Siap Bekerja Disdikpora Dihujat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa Tidak Siap Bekerja Disdikpora Dihujat

Siswa Tidak Siap Bekerja Disdikpora Dihujat

Written By Mang Raka on Senin, 23 Januari 2017 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang, H Ishak Iskandar, sepakat dengan praktisi dari Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) yang menyebut orang yang harus paling bertanggung jawab terkait pengangguran karawang adalah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora).

"Saya sepakat, yang paling harus bertanggung jawab soal pengangguran di karawang adalah Disdik. Karena lulusan SMK ternyata belum bisa memenuhi kebutuhan pasar," ujar H Ishak, kepada RAKA, Minggu (22/1). Dia menyampaikan, yang paling penting untuk bisa menyambut perkembangan industri di Karawang adalah. Siswa yang masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), karena lulusan SMK memang orientasinya adalah untuk bekerja.
Sementara bagi lulusan SMK saja, saat mengikuti test masuk kerja masih banyak yang tidak lulus. Oleh karennaya Disdik sebagai Dinas yang menangani lembaga pendidikan harus bisa memahami smapai pada titik kebutuhan pasar. "Jadi jangan sampai warga karawang saat bersaing dengan calon tenaga kerja dari luar. Pada tahap testing saja sudah ketinggalan," ujarnya.
Sebagai anggota dewan dia harus mengingatkan OPD yang berkaitan dengan persiapan para calon tenaga kerja. Disamping itu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi juga harus bisa berkomunikasi dan koordinasi dengan baik dengan Disdik."Karena yang bisa mengetahui bagaimana atau apa yang dibutuhkan industri adalah Disnaker, tetapi yang mendidik para pencaker adalah disdik," ujarnya.
Lebih lanjut dia menyampaikan, fenomena tersebut sebenarnya sudah snagat klasik. Bahkan setiap pergantian kepala daerah selalu ada pembahansan terkait kesiapan warga karawang yang mau tidak mau harus menerima kehadiran industri di Karawang. "Apalagi UMR Karawang, paling tinggi secara nasional. Jadi sudah otomatis warga luar akan berdatangan untuk memburu kerja. Kalau warga karawangnya tidka siap. Maka akan tertinggal," ujarnya.
Ini juga yang menjadi penyebab kenapa Pertumbuhan Ekonomi Karawang yang diatas angka 5, tetapi tidak berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakatnya. Karena yang banyak mendapatkan hasil (pendapatan) adalah warga luar yang bekerja di karawang."Harus menjadi pembahasan serius bagi pemerintah. Dan harus segera diantisipasi dengan menyiapkan SDM yang berkualitas," pungkasnya. (zie)

Berbagi Artikel :

2 komentar:

  1. Kita tidak bisa saling menyalahkan satu dengan yang lain melainkan kita harus saling bersinergi, saling kontrol sehingga tidak terjadi penggelapan disemua lini karena masing masing sekolah ada keterbatasan SDM dan kualitas guru, sarana, dan prasarana sekolah itu yang bukan hanya kita renungkan tapi kita mencari solusi.

    BalasHapus
  2. sepertinya tidak hanya disdikpora saja ya,..tetapi dinas tenaga kerja pun harus bertanggung jawab,...

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template