Siswa SMAN 1 Cilamaya Mahir Tari Saman - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa SMAN 1 Cilamaya Mahir Tari Saman

Siswa SMAN 1 Cilamaya Mahir Tari Saman

Written By Mang Raka on Jumat, 20 Januari 2017 | 12.00.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Bukan perkara mudah mempraktekan tarian tradisional dari daerah-daerah lain di Indonesia, namun siswa dari Ekstrakulikuler Rohis SMAN 1 Cilamaya Wetan justru mencobanya. Hasilnya, dalam waktu 2 bulan, tarian Saman asal Nangro Aceh Darussalam (NAD) dipraktekan dengan lancar dibawah pembinaan guru seni budaya jebolan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Pelatih tarian Saman SMAN 1 Cilamaya, Nenden Nurpuji Hasanah S.Pd mengatakan, pihaknya sisir anak-anak yang sebenarnya aktif di ekstrakulikuler Rohis di beberapa kelas. Setelah didapat 12 orang, dirinya latih tarian saman, memang ini adalah tarian Aceh, tapi hentakan, nyanyian dan kekompakan tarian ini menjadi daya tarik sendiri, meskipun ada kesulitan tersendiri, tapi sambung Guru jebolan UPI Fakultas Seni Rupa ini, kendalanya tidak terlalu banyak, sebab dengan kegigihan dan kemauan keras, dalam waktu 2 bulan 12 siswa mampu memainkannya dengan baik. "Mereka dari Rohis sih, tapi kita gembleng juga tarian Saman ini, alhamdulillah 2 bulan sudah lancar," katanya.
Guru asal Karasak, Desa Tegalsari ini menambahkan, tarian ini ditampilkan di momen-momen penting sekolah sebagai bagian dari kreatifitas siswa, seperti kenaikan kelas, Milad SMA maupun promosi sekolah sekalipun. Sejauh ini, ia akan pertahankan ke 12 personil ini penguatan pnguasaannya. Sambil memikirkan regenerasinya dimasa mendatang. Meski demikian, dirinya tidak khawatir melihat antusiasme anak-anak masuk sebagai bagian dari personil tarian saman ini. Untuk itu, selain pertemuan akan di intensifkan, dalam Peneimaan Peserta Didik Baru (PPDB) juga akan selalu di sosialisasikan, Tari Saman diacara XII. "Lomba-lomba sih tidak pernah, hanya sebatas penampilan saja tapi masuk Program sekolah," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template