Seniman Minta Bupati Buat Data Perajin Wayang Golek - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Seniman Minta Bupati Buat Data Perajin Wayang Golek

Seniman Minta Bupati Buat Data Perajin Wayang Golek

Written By Mang Raka on Selasa, 10 Januari 2017 | 13.30.00

KLARI, RAKA - Upaya Pemerintah Daerah (Pemkab) Karawang terhadap kesejahteraan para seniman pengrajin yang ada disetiap wilayah ternyata masih berkutat dalam validasi data para seniman dan kerajinan yang ada disetiap wilayahnya. Sementara itu, keberadaan seniman wayang golek di Kampung Jatirasa, Desa Duren, dipastikan akan mendapat program Rutilahu di tahun 2017 ini.

"Mungkin nanti kami akan validasi data seniman pengrajin wayang. Itu akan langsung mengintruksikan Dinas Kebudayan dan pariwisata untuk mendatanya. Adapun seniman wayang di Klari ini, nanti untuk desa bersangkutan harus memberikan program rutilahunya jika memang keadaannya sangat memprihatinkan," ujar Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, kemarin (9/1). Bupati mengunjungi Desa Duren, Kecamatan Klari, karena menghadiri resepsi pernikahan anak sopirnya yang tinggal di desa tersebut.
Dikatakan bupati, selama ini berbagai event serta pementasan budaya lokal terus digelar diwilayah Kabupaten Karawang. Hal itu bertujuan agar pelestarian  karya seniman di wilayah Karawang tetap dipertahankan. "Selama ini juga kami selaku Pemerintah Daerah terus mengadakan berbagai even dalam mengenalkan kerajinan dan karya para seniman yang ada di wilayah kami," katanya.
Ditegaskan bupati, seniman pengrajin pembuat wayang diwilayah Kecamatan Klari nanti, dipastikan akan mendapat program Rutilahu. Karena kondisi keberadaan kediamannya yang memprihatinkan. "Untuk seniman terkait kesejahteraannya, serta tempat tinggalnya, nanti untuk desanya langsung memberikan rutilahu karena di tahun ini program rutilahu setiap desa itu mendapat jatah 5 rumah rutilahu dan itu sudah dianggarkan di APBD II," terangnya.
Kepala Desa Duren, H. Abdul Halim membenarkan, kepastian program Rutilahu yang akan diberikannya terhadap seniman wayang golek yang ada diwilayahnya ditahun ini. Hal tersebut sudah dipastikan terealisasi. "Untuk Abah Ana kami pastikan ditahun 2017 ini secepatnya mendapatkan program rutilahu, jadi sudah kami perhatikan kesejahteraan tempat tinggalnya agar bisa layak," katanya.
Ana Sumarna (73) Seniman pengrajin wayang golek di wilayah Kampung Jatirasa, Desa Duren, menyampaikan, mesti terdengar kabar diwacanakan pendataan para seniman. Namun, hingga saat ini belum terealisasi. Akan tetapi, jika memang benar akan dilakukan maka diupayakan secepatnya. "Ah ti bahela bade ngadata. Buktina neupi ayeuna can aya wae. Tapi sugan ari bupatina nyarios kitu, mudah-mudahan weh keinginan abah hayang di bere perhatian pemerintah terwujud oge (dari dulu mau ngedata, buktinya sampai sekarang tidak pernah ada buktinya. Tapi kalau memang bupatinya langsung ngomong seperti itu, mudah-mudahan saja keinginan abah agar dapat pengakuan terlaksana)," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template