Satu Ruang Dua Kelas, Sudah 16 Tahun SDN Pasirtanjung 3 Rusak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Satu Ruang Dua Kelas, Sudah 16 Tahun SDN Pasirtanjung 3 Rusak

Satu Ruang Dua Kelas, Sudah 16 Tahun SDN Pasirtanjung 3 Rusak

Written By Mang Raka on Jumat, 13 Januari 2017 | 19.21.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Lokasi yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, tidak menjamin infrastruktur pendidikan sempurna. Tengok saja bangunan SDN Pasirtanjung 3 di Dusun Randegan, Desa Pasirtanjung, Kecamatan Lemahabang.
Selain dua kelas siswanya belajar di satu ruangan, bangunan yang sudah belasan tahun tanpa rehab ini minim perhatian. Sekat-sekat terlihat bolong melompong, antarkelas dibatasi dengan triplek tipis, hingga lebih dari 8 jendela dan langit-langitnya juga tidak karuan. Yang lebih memprihatinkan lagi, kursi dan meja siswa hampir semuanya reot dimakan rayap.
Guru SDN Pasirtanjung 3 Euis Nurihat MM mengatakan, SD ini dulunya adalah SDN Pasirtanjung IV. Terakhir diperbaiki sekitar tahun 2000. Sedangkan lapangan upacara dan olahraga belum dipaving block. Padahal saat ini terdapat 97 siswa yang ditampung di 5 kelas. Karena dari total 6 kelas, 1 ruangan dijadikan kantor guru. "Kelas 2 dan 3 disatu ruangankan karena keterbatasan yang ada," ungkap Euis kepada Radar Karawang, Kamis (12/1) pagi.
Walau dihalang sekat triplek, kata Euis, tetap saja efektivitas belajar siswa kurang optimal. Karena satu dengan lainnya mengganggu kenyamanan belajar. Apalagi ruangan yang ada sudah lapuk ditelan zaman, utamanya bagian langit-langit yang rapuh dan bolong, hingga jendela-jendela yang dipalang dengan kayu-kayu kasa seadanya. Bahkan kursi dan mejanya juga sudah bolong dimakan rayap. "Tapi yang penting, siswa yang setiap kelasnya kurang dari 20 orang tidak tertinggal pelajaran," ujarnya.
Atas kondisi ini, beberapa orangtua siswa tak jarang mempertanyakan infrastruktur yang kurang baik ini, kapan bisa lebih representatif. Disisi lain, sebut Euis, dana BOS dengan jumlah siswa kurang dari 100 saja, pihak sekolah sudah kewalahan. "Semuanya 6 kelas, satu kelas buat kantor, karena kurang ya ada yang dua kelas disaturuangankan. Prihatin juga sih," ungkapnya.
Euis menambahkan, 3 guru di SD ini sebenarnya sudah bergelar Master Manajemen (MM), ditambah ada 6 guru berstatus PNS. Sedangkan prestasi siswanya tidak kalah dengan pelajar lain pada umumnya, baik tingkat Kwaran Pramuka, maupun bidang keagamaan. Namun kualitas keilmuan guru dan prestasi siswanya, belum bisa membuat sekolah yang semakin hari menyusut jumlah siswanya, itu diperbaiki dan ditambah ruang kelas belajarnya. "Akses jalan jelek dan infrastruktur sekolah ikut mempengaruhi jumlah siswa kami di sini, disamping juga karena ada MI," pungkasnya.
Dia melanjutkan, keberadaan sekolahnya yang terletak di daerah perbatasan dengan Kecamatan Tirtamulya ini juga penting, karena tak sedikit muridnya yang berasal dari kecamatan tetangga. "Ada juga (siswa) yang dari Pasir Ela, Desa Waringinkarya dan Tirtasari, Kecamatan Tirtamulya," ujarnya.
Guru lainnya, Ahmad Hariri MM mengatakan, rehab total dan RKB sebenarnya sudah diajukan setiap kali berganti kepala sekolah, kabarnya baru akan direalisasikan tahun ini. Jika mengandalkan BOS, hanya mampu membeli mebeler kurang dari belasan meja dan kursi saja satu tahun. Belum lagi menggaji honorer dan pelaksanaan UTS. "Bos yang diterima juga tidak sebanyak siswa yang jumlahnya ratusan," tuturnya.
Kepala SDN Pasirtanjung 3 H Oji Fahruroji SPd mengatakan, melihat kondisi sekolahnya yang lapuk, dirinya hanya berharap sekolah bisa segera diperbaiki. "Agar guru dan siswa dapat melaksanakan KBM dengan lebih baik, nyaman dan menyenangkan," ujarnya.
Dihubungi terpisah, Kepala UPTD Pendidikan Lemahabang, Rusta SPd mengatakan, SDN Pasirtanjung 3 masuk skala prioritas untuk rehab tahun ini. Sedangkan pembangunan ruang kelas baru, belum bisa terealisasi. "Enam kelas tahun ini direhab. Kalau RKB mah gak ada, karena menyesuaikan dengan jumlah siswa," pungkasnya. (rud)

Sekolah Dasar
Ruang Kelas Rusak
918 unit
Rincian
241 rusak sedang
677 rusak berat

Sekolah Menengah Pertama
Ruang Kelas Rusak
498 unit
Rincian
248 rusak sedang
250 rusak berat

Sumber: Dinas Pendidikan
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template