Satgas Saber Kebersihan Diusulkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Satgas Saber Kebersihan Diusulkan

Satgas Saber Kebersihan Diusulkan

Written By Mang Raka on Senin, 30 Januari 2017 | 12.00.00

*DPRD akan Atasi Sampah Liar di Tengah Kota

KARAWANG, RAKA - DPRD Karawang akan mengusulkan dibentuknya Tim Satgas Saber Kebersihan Lingkungan. Hal itu dianggap perlu, terlebih hingga saat ini sampah masih menjadi persoalan klasik yang selalu dialami kabupaten ini. Padahal kebersihan lingkungan sangat dibutuhkan untuk menciptakan masyarakat yang sehat.

Ketua DPRD Karawang, Toto Suripto, mengatakan itu kepada Radar Karawang. "Saya akan mengusulkan  kepada pihak eksekutif untuk segera dibentuk Tim Satgas Saber Kebersihan lingkungan disetiap desa. Supaya wilayah pedesaan bebas dari tumpukan sampah yang membahayakan kesehatan lingkungan," ujar Toto, akhir pekan (28/1) kemarin, saat berkunjung ke Cikalongsari, Jatisari, sambil melakukan bersih-bersih bersama masyarakat, setempat.
Dia juga menambahkan di beberapa titik di Karawang banyak sampah liar yang mgancam kesehatan masyarakat. Seperti di jalur Cikampek - Jatisari yang terlihat saat dirinya melintasi jalur tersebut. Oleh karenanya pihak pemerintahan Kecamatan dan pemerintahan desa perlu turun langsung ke titik titik TPS liar, agar bisa dibereskan. Tentu caranya dengan melakukan gotong royong sebagaimana yang diajarkan oleh para pendiri bangsa. "Harus dilakukan kegiatan jumat bersih setiap minggunya agar kebersihan lingkungan terjaga setiap hari. Sebab jika lingkungan kotor dan kumuh akan berdampak kepada timbulnya berbagai macam penyakit disekitar  lingkungan warga," ujarnya.
Sementara itu, Camat Jatisari, Hj. Yusi Rusliani, setelah sidak kebersihan itu, berjanji akan mengumpulkan para kepala desa di Kecamatan Jatisari. Untuk menyisir titik-titik TPS liar disetiap wilayahnya, karena dengan banyaknya TPS liar akan membahayakan kesehatan masyarakat. "Nanti saya akan rapatkan dengan kepala desa, terkait banyaknya TPS liar di wilayah kecamatan Jatisari. Terlebih di jalan raya Cikalongsari yang jadi titik konsentrasi harus dibersihkan. Apalagi tumpukan sampah itu berada di depan RS. Sentra Medika Jatisari," paparnya.
Dia juga menghimbau agar warga Kecamatan Jatisari tidak lagi membuang sampah sembarangan di lokasi TPS liar. Untuk tidak terjadinya lagi warga membuang sampah sembarangan setiap pemdes harus membuat peraturan desa (Perdes) terkait larangan buang sampah sembarangan. "Perlu dibuat perdes supaya warga jera untuk tidak lagi buang sampah sembarangan. Karena tanpa disadari buang sampah sembarangan itu akan berakibat timbulnya berbagai wabah penyakit. Apalagi sekarang musim hujan yah," ujarnya.
Kepala Desa Cikalongsari, Endang Sugiarto, menyampaikan, adanya TPS liar di depan RS. Sentra Medika Jatisari perlu segera dibersihkan. Oleh karenanya dia meminta ke dinas terkait agar lokasi tersebut untuk dijadikan taman agar warga tidak lagi membuang sampah ditempat tersebut. "Saya minta kepada Bupati Karawang agar lokasi TPS liar di Cikalongsari dijadikan taman. Supaya tempat tersebut tidak dijadikan lagi tempat buang sampah oleh warga," ucapnya.
Dia juga sangat setuju jika setiap pemdes perlu menerbitkan perdes kebersihan lingkungan. Guna melarang secara konstitusi pembuangan sampah sembarangan oleh warga.
"Saya sebagai kepala desa sangat sepakat jika diperlukan perdes tentang kebersihan lingkungan. Jika ada yang melanggar diperlukan sanksi tegas," ujarnya.
Dia juga menyambut baik atas inisiatif yang disampaikan oleh Ketua DPRD Karawang, Toto Suripto yang akan mengusulkan dibuatnya Satgas Saber kebersihan lingkungan disetiap desa. "Semoga saja pihak eksekutif merespon keinginan baik dari ketua DPRD Karawang," pungkasnya. (zie)

Berbagi Artikel :

2 komentar:

  1. Mengenai sampah... sy sebagai warga Karawang sering merasa kesulitan untuk
    sekedar membuang sekantong sampah dari rumah, karena memang sangat kurangnya sarana TPSnya. Akhirnya banyak warga mengambil jalan pintas, yaitu membuang sampah secara sembarangan, misalnya di lahan kosong milik orang dan di kali atau sungai yang dekat dgn rumah warga tsb. Wasalam.

    BalasHapus
  2. Harusnya pemda bisa membentuk dinas kebersihan biar ke urus persoalan sampah2!

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template