Rentenir Kedok Koperasi Merajalela - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rentenir Kedok Koperasi Merajalela

Rentenir Kedok Koperasi Merajalela

Written By ayah satria on Jumat, 27 Januari 2017 | 17.20.00

PURWAKARTA,RAKA - Usaha-usaha jasa keuangan seperti leasing dan rentenir berkedok kperasi semakin bebas beroperasi karena lemahnya pengawasan. Akibatnya, masyarakat sering menjadi korban.
Karena wewenang pengawasan industri jasa keuangan ada di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Pusat, dampaknya pada perkembangan usaha jasa keuangan di daerah dengan segala dinamikanya cukup sulit untuk diawasi. "Bisa dibilang kalau di tingkat kabupaten, longgar pengawasannya, untuk itu diperlukan langkah-langkah strategis dari pemerintah daerah, agar industri jasa keuangan di Purwakarta juga terselenggara secara teratur, adil, transparan dan akuntabel. Sektor ini juga diharapkan bisa mendongkrak pendapatan asli daerah," kata Anggota Komisi I DPRD Purwakarta, Fitri Maryani. kepada sejumlah awak media, Kamis (26/1).
Menurutnya, industri jasa keuangan yang sehat itu mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan, stabil dan mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat. "Karena pada prakteknya, konsumen dan masyarakat sangat memerlukan perlindungan dalam keterlibatannya di industri jasa keuangan," ujarnya.
Politisi Partai Gerinda Purwakarta itu juga mengatakan, semakin maraknya usaha-usaha jasa keuangan baik itu leasing, maupun rentenir yang diduga berkedok koperasi, tidak sedikit yang pada prakteknya banyak merugikan konsumen dan masyarakat. "Dalam hal ini diperlukan pengawasan yang masif dan bersinergi dari para pemangku kebijakan dan pihak terkait lainnya, untuk melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat, guna mewujudkan usaha jasa keuangan agar menjadi pilar ekonomi dalam pembangunan yang selaras dengan kesejahteraan umum," pungkasnya. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template