Puskesmas Plered Sulit Identifikasi Pengidap HIV/AIDS - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Puskesmas Plered Sulit Identifikasi Pengidap HIV/AIDS

Puskesmas Plered Sulit Identifikasi Pengidap HIV/AIDS

Written By ayah satria on Jumat, 27 Januari 2017 | 17.19.00

PLERED,RAKA - Di tahun 2017 ini, Puskesmas Kecamatan Plered programkan penanganan HIV/AIDS dan pos binaan terpadu lanjut usia (bindu lansia) di setiap desa di Kecamatan Plered. Kedua layanan tersebut merupakan upaya monitoring dan konseling terhadap masyarakat.
"Untuk tahun 2017 ini, kita fokuskan untuk penanganan pengidap HIV/AIDS dan sosialisasikan pos bindu lansia kepada masyarakat," ujar kepala Puskesmas Yeyet Sulistiawati, melalui kepala sub bagian tata usaha Puskesmas Plered Erna Siti Nurjanah, SHM, Kamis (26/1).
Ia mengatakan, untuk penanganan penyakit HIV/AIDS itu sendiri, pihaknya mengaku masih mengalami kesulitan menggalinya. Sebab, selain tidak adanya keterbukaan dari si pengidap, juga harus ada pemeriksaan dan penanganan khusus karena berbeda penyakit lain. "Kita upayakan langkah pencegahan, karena jarang orang mau terbuka dengan penyakit yang diderita," ujarnya.
Maka dari itu, ia menyarankan untuk ibu hamil cek krining HIV. Sebab, sampai saat ini pihaknya belum menemukan solusi yang tepat untuk menggali pasien memiliki penyakit yang menular dengan berhubungan suami istri ini. "Namun untuk di Plered sudah ada empat orang yang mengidap penyakit HIV/AIDS, dan itu pasien lama sedang berobat jalan, karena penyakit AIDS tidak bisa disembuhkan, makanya untuk yang sudah menikah harus saling menjaga," terang Erna.
Tak hanya itu, kantor yang beralamat di Pasar Plered itu juga programkan pos bindu lansia ke setiap desa. Tujuannya untuk pembinaan terhadap masyarakat yang sudah mendekati usia tua tetap produktif, sehat dan terperhatikan. Nantinya, lanjut Erna, setiap desa yang ada di wilayah Plered akan memiliki pos bindu sesuai dengan total posyandu yang ada di desanya masing-masing, yang di dalamnya ada pembinaan terhadap lansia. "Dengan adanya program ini, mudah-mudahan warga lansia memasuki usia 45 tahun ke atas tetap produktif dan kesehatannya selalu terjaga," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template