Pramuka Purwakarta Gelar Aksi Bersih-bersih Kota - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pramuka Purwakarta Gelar Aksi Bersih-bersih Kota

Pramuka Purwakarta Gelar Aksi Bersih-bersih Kota

Written By Mang Raka on Selasa, 03 Januari 2017 | 11.00.00

PURWAKARTA, RAKA - Ada yang berbeda dengan kegiatan para pelajar dan mahasiswa Purwakarta di malam pergantian tahun baru kemarin. Para pelajar dan mahasiswa yang tergabung dalam Dewan Kerja Cabang (DKC) Pramuka Purwakarta ini, merayakan tahun baru 2017 dengan melaksanakan aksi bersih-bersih sampah di sekitaran perkotaan Purwakarta.
Aksi bersih-bersih pramuka tingkat penegak dan pandega yang dimotori oleh DKC Pramuka Purwakarta ini, bertujuan agar sampah-sampah bekas pengunjung dan warga yang merayakan tahun baru di pusat kota Purwakarta bisa dibersihkan. Sehingga, kondisi perkotaan Purwakarta tetap dalan kondisi bersih bebas sampah. "Kurangnya kesadaran membuang sampah pada tempatnya terbukti pada malam pergantian tahun. Usai perayaan malam pergantian tahun sampah banyak berserakan. Sehingga kami sebagai remaja dan pemuda yang peduli terhadap lingkungankan melaksanakan bersih-bersih sekaligus pengamalan Dasa Darma Pramuka ke 2 yaitu cinta alam dan kasih sayank sesama manusia," kata Indah M Treviardy, Ketua DKC Pramuka Purwakarta, kemarin.
Aksi bersih-bersih pada malam perayaan tahun baru 2017 ini, kata dia, merupakan kegiatan kali kedua yang dilaksanakan. Setelah sebelumnya menyambut 2016 lalu, kegiatan aksi bersih-bersih juga dilaksanakan para aktivis pramuka Purwakarta ini. "Alhamdulilah tahun ini bisa terselenggara lagi dengan lancar, semoga sweeping kebersihan ini bisa menjadi kegiatan pokok pramuka Purwakarta. Awal mulanya kegiatan ini cuman iseng, ketika yang lain bertanya malam tahun baru kemana. Dari situ kita tergugah untuk sweeping kebersihan, ya yang murah meriah bermanfaat banyak. Karena kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan tetep sehat terawat secara berkesinambungan," jelasnya.
Menjaga kebersihan, lanjut dia, merupakan kewajiban semua pihak. Dan ini harus senantiasa dilakukan setiap hari, agar lingkungan tetap bersih dan terhindar dari berbagai penyakit yang dimungkinkan datang dari tumpukan sampah yang tidak dibersihkan. "Kami mengajak kepada masyarakat, khususnya pemuda-pemudi Purwakarta untuk peduli terhadap lingkungan yang bersih. Membiasakan membuang sampah pada tempatnya dan membiasakan diri untuk berperilaku hidup sehat, diantaranya menjaga lingkungan masing-masing agar terbebas dari sampah," ungkapnya.
Sementara itu, Dede Supendi, Andalan Cabang Kwarcab Purwakarta mengapresiasi kegiatan yang dilakukan DKC Pramuka Purwakarta. Menurut pria yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Purwakarta ini menjelaskan, di tengah-tengah generasi muda lain terjebak hura-hura malam tahun baru, anak Pramuka mampu tampil melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat. "Bagus, saya apresiasi kegiatan teman-teman. Ini ril aplikasi dan implementasi nilai-nilai Dasar Dharma Pramuka," singkatnya. (awk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template