Petani Kampung Karadak Diintai Gagal Panen - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Kampung Karadak Diintai Gagal Panen

Petani Kampung Karadak Diintai Gagal Panen

Written By Mang Raka on Senin, 23 Januari 2017 | 14.30.00

TELUKJAMBE BARAT,RAKA - Petani Kampung Karadak, Desa Wanakerta, dihantui gagal panen. Mereka ragu-ragu untuk menanam karena kondisi cuaca saat ini tidak bisa dipastikan. Bahkan sejumlah petani yang nekat menanam akhirnya menerima kenyataan pahit bibit yang mereka tanam mati karena kurangnya pasokan air.

"Sudah beberapa hari ini tidak hujan padahal saat ini tanaman padi sudah memasuki tahap konsumtif air sebagai media penunjang pertumbuhan," ucap Nur Halim (40) petani Desa Kaligandu. Bahkan, lanjut Halim,  kondisi alam sekarang malah dalam dua pekan terakhir suhu panas kerap mendominasi kondisi alam dan itu membuat sebagian tanam padi mengalami kerusakan.
Halim juga menyampaikan, dirinya sudah mengalami kerugian terlebih hanya sebagai petani kuli yang hanya sebagai petani garap saja. Dirinya membenarkan beberapa areal tanam padinya alami kerusakan dengan kondisi cuaca yang tidak menentu. "Dua Minggu terakhir itu cuaca panas malah suplai air ke lahan areal sawah saya malah kering dan pada akhirnya malahan pohon padi menjadi rusak. Ditambahkan lagi sudah dua hari ini hujan turun terus menerus, mudah-mudahan tidak terkena fuso," tuturnya.
Tidak berbeda dengan Emus (38), petani Nyangkokot Desa Wanasari pun Menerangkan petani saat ini belum merasa yakin bisa menyikapi perihal musim tanam yang ideal. Selama ini dilakukan hanya komunikasi dengan pihak Distanhutbunnak di wilayahnya masing-masing, yaitu dengan petugas lapangan pertanian berjalan lancar hingga jika ada masalah maka pencegahan pun mudah diantisipasi. "Sejauh ini kami mengikuti anjuran dari petugas lapangan dinas pertanian agar hasil kami tidak terlalu jeblog alias merugi, namun ada pula lahan pertanian yang memiliki aliran air tersier yang baik tidak terhambat dengan kondisi seperti itu," jelas dia. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template