Perkara Korupsi 2 Kades, 1 Pejabat KPU Siap Disidang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perkara Korupsi 2 Kades, 1 Pejabat KPU Siap Disidang

Perkara Korupsi 2 Kades, 1 Pejabat KPU Siap Disidang

Written By Mang Raka on Kamis, 05 Januari 2017 | 19.08.00

KARAWANG, RAKA - Awal tahun ini akan ada 4 kasus korupsi di Kabupaten Karawang masuk ke meja hijau. Diantaranya berkas perkara dugaan korupsi dana desa yang menyeret Kepala Desa Cilewo, Kecamatan Telagasari, Komarudin, akan dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung, awal Januari ini.
Selain itu, berkas dugaan korupsi Kepala Desa Parungmulya Asep D Kadarusman dan Korupsi KPU Nandang Rukhyatna dan Abdullah, juga ikut dilimpahkan. "Awal Januari ini berkas penuntutan akan kita limpahkan ke pengadilan Tipikor. Sementara untuk kasus korupsi yang akan naik ke penyidikan, belum bisa saya sebutkan karena masih menunggu penetapan," kata Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Karawang Titin Herawati Utara kepada wartawan, Rabu (4/1).
Perkara dugaan korupsi Kades Cilewo, kata Titin merugikan negara Rp 100 juta. Sedangkan kasus korupsi KPU kerugian mencapai Rp 2,6 miliar, sedangkan kasus korupsi yang menjerat Kades Parungmulya Asep Kadarusman, mencapai Rp 2,7 miliar. "Kerugian negara ini diketahui berdasarkan hasil dari audit BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) yang sudah kita terima," jelas Titin.
Dikatakannya, setelah melalui proses pemeriksaan tim penyidik, pihaknya sudah menyelesaikan empat perkara korupsi dari penyidikan ke penuntutan. Seluruh berkas perkara baik tersangka maupun saksi-saksi, dan alat bukti serta dokumen lainnya sudah siap untuk dilimpahkan ke pengadilan Tipikor Bandung. Pihaknya juga sudah mempersiapkan jaksa penuntut umum, untuk menangani masing-masing perkara yang akan disidangkan nanti. "Kita sudah siap untuk sidang, dan sudah membentuk tim penuntut umum dalam persidangan nanti," katanya.
Menurut Titin selain melimpahkan empat perkara korupsi ke penuntutan, penyidik Kejari Karawang juga akan meningkatkan status salah satu perkara korupsi, dari penyelidikan ke penyidikan. Dari 6 perkara korupsi yang saat ini ditangani penyidik kejaksaan di tingkat penyelidikan, baru satu perkara yang rencananya akan dinaikan statusnya menjadi penyidikan. Hanya saja Titin belum mau menyebutkan kasus korupsi yang akan naik ke penyidikan. "Nanti kalau waktunya sudah tepat, akan kita umumkan. Sekarang masih dalam proses persiapan untuk kita tetapkan," katanya. (ops)



Kades Cilewo Komarudin
Rugikan negara Rp 100 juta

Dugaan korupsi KPU
Nandang Rukhyatna dan Abdullah
Rugikan negara Rp 2,6 miliar 

Kades Parungmulya Asep Kadarusman
Kerugian negara mencapai Rp 2,7 miliar



Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template