Perbaikan Interchange Tol Karawang Barat Bertahap - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perbaikan Interchange Tol Karawang Barat Bertahap

Perbaikan Interchange Tol Karawang Barat Bertahap

Written By ayah satria on Kamis, 26 Januari 2017 | 16.12.00

KARAWANG, RAKA - Untuk menggaet wisatawan ke Karawang, daerah ini bakal dibikin seksi. Karena jika jumlah wisatawan meningkat, akan berdampak baik terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Terkait ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang Acep Jamhuri berjanji akan melakukan peningkatan perbaikan infrastruktur mulai dari akses masuk Karawang kota yang berada di wilayah Kecamatan Telukjambe Timur dan Kecamatan Karawang Barat. "Karawang akan lebih fokus kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Implementasi RPJMD pada tahun kedua pemerintahan Cellica-Jimmy salah satunya adalah peningkatan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata," ujar Acep, kepada Radar Karawang, belum lama ini.
Dia menyampaikan, salah satu pembangunan dalam skala besar yang akan dilakukan pemerintah melalui Dinas PUPR adalah melakukan pelebaran akses Interchange Karawang Barat. Karena rencana tersebut terintegrasi dengan RPJMD Kabupaten Karawang, yaitu peningkatan pendapatan dari sektor kepariwisataan. "Kita buat seksi karawang barat, agar para wisatawan atau pengunjung nyaman masuk ke Karawang," ujarnya.
Dia menyampaikan, untuk merealisasikan hal tersebut, pihaknya sudah melakukan sejumlah studi banding salah satunya ke Kota Surabaya. Diantaranya dengan memberikan hibah kepada pemerintah pusat untuk percepatan perbaikan infrastruktur jalan. "Di ruas Interchange Karawang Barat itukan ada kewenangan kementerian pekerjaan umum, ada PT Jasa Marga. Rencananya, kami selaku pemerintah daerah akan melakukan hibah untuk menyelesaikan permasalahan infrastruktur yang ada di ruas Interchange Karawang Barat," jelasnya.
Menurut Acep, untuk membenahi permasalahan infrastruktur yang ada di ruas Interchange Karawang Barat, berdasarkan perhitungan sementara Dinas PUPR, pemerintah harus menyiapkan anggaran hingga Rp 300 Miliar. Dengan perkiraan anggaran tersebut, diharapkan permasalahan infrastruktur di ruas Interchange secara bertahap dapat terselesaikan. "Estimasi sementara diperkirakan mencapai Rp 300 miliar. Tentu itu akan dilakukan secara berahap. Kemudian untuk meningkatkan PAD harus ada pengelolaan secara baik terhadap hotel dan tempat-tempat wisata," ujarnya.
Tahun sebelumnya, tambah Kadis, pendapatan asli daerah Kabupaten Karawang mencapai Rp 46 Miliar. Dengan peningkatan sektor pariwisata yang terintegrasi diharapkan akan ada peningkatan pendapatan hingga Rp 120 Miliar. "Sebelumnya hanya mampu menggali Rp 46 Miliar, dengan peningkatan sektor pariwisata yang terintegrasi pemerintah berharap pendapatan akan lebih meningkat hingga 120 miliar dibarengi dengan sejumlah pendapatan lain yang masih berkaitan dengan sektor kepariwisataan," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Input saran buat Kadin PU Pak Acep buat jalan interchage dari exit tol Karawang Barat sampai area Geand Taruma jalanan selalu saja terjadi gelombang di aspal nya?,sebelum jalan di benahi alangkah baik nya di buat saluran pembuangan air nya dulu Pak?,supaya jalan aspal nya bisa tetap awet tdk ada air tergenang di tengah jalan

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template