Pemkab Belum Keluarkan Izin untuk Gudang Waskita - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemkab Belum Keluarkan Izin untuk Gudang Waskita

Pemkab Belum Keluarkan Izin untuk Gudang Waskita

Written By Mang Raka on Selasa, 31 Januari 2017 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Keberadaan gudang meterial beton yang terletak di Jalan Interchange Karawang Barat disinyalir belum berizin. Meski pihak perusahaan penyimpan beton melalui stafnya menyatakan perizinannya lengkap, namun hal tersebut dibantah pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karawang.
Gudang yang sebelumnya (27/1) ditulis milik PT Wika, belakangan diketahui milik PT Waskita. Bagian Sekretariat dan Umum PT Wijaya Karya Komponen Beton Angga Febriyanto menyatakan, gudang material beton tersebut bukan milik perusahaan tempatnya bekerja. "Itu bukan milik PT Wika, tapi milik PT Waskita. Jadi yang sempat ditulis milik PT Wika itu keliru," tandasnya.
Kemarin, saat wartawan koran ini kembali menyambangi gudang material beton tersebut, berhasil menemui pengawas Gudang PT Waskita, Farid. Dia mengaku, dokumen perizinan gudang material beton sudah lengkap. Meski demikian, dia tidak mengetahui secara pasti kapan surat izin itu dikeluarkan dan siapa yang mengeluarkannya. "Kata pimpinan saya, sudah berizin. Jadi aktivitas jalan saja terus," ujar Farid menirukan pimpinannya, Senin (30/1).
Lebih lanjut dia menyampaikan, tanah gudang tersebut merupakan tanah sewa. Sedangkan kaitan dengan hal-hal lain dia mengaku tidak mengetahui secara pasti. Tetapi dia mengakui Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana juga pernah melakukan kunjugan ke gudang itu. "Bupati juga pernah ke sini. Kalau soal perizinan silahkan saja datang ke kantor. Di Cibitung, Bekasi," ujarnya.
Farid juga menyampaikan, material yang disimpan di gudang ini merupakan material yang siap dikirim ke berbagai daerah di tanah Jawa terkait proyek-proyek nasional. Karena itu, dia mengaku hanya menerima perintah dari atasannya, saat ada pesanan material untuk dikirim ke daerah yang memesan. "Ini proyek nasional. Kami kirim ke berbagai daerah. Sesuai permintaan (konsumen). Itu juga instruksi pimpinan saya," ujarnya.
Dia juga menyampaikan, untuk karyawan PT Waskita sendiri, yang stand by di gudang tersebut hanya dirinya. Sedangkan yang lainnya merupakan pegawai harian yang tidak terikat dengan perusahaan. "Kalau yang dari Waskita cuma saya sendiri. Yang lain pekerja harian. Tapi mayoritas warga sini kok. Saya juga orang sini," ujarnya.
Sekretaris DPMPTSP Kabupaten Karawang Wawan Setiawan mengatakan, gudang yang ada di interchange Karawang Barat tersebut belum memiliki izin. Karena tanah yang digunakannya merupakan tanah sewa. "Belum ada izin. Kami bingung mau mengeluarkan izin apa. Karena tanahnya juga sewa. Gak ada IMB-nya," ujar Wawan.
Dia juga menyampaikan, pemerintah daerah juga sudah melakukan kunjungan ke gudang tersebut untuk mempertanyakan kenapa tidak mengajukan izin. Sedangkan saat disinggung mengenai adanya pengakuan dari pihak PT Waskita bahwa gudang tersebut sudah memiliki izin, dia memastikan bahwa gudang tersebut tidak berizin. "Berdasarkan dokumen kami (DBMPTSP). Itu tidak ada izinnya," pungkasnya.
Berdasarkan pantauan Radar Karawang, kendaraan berat kerap keluar masuk gudang beton tersebut. Tak pelak, aktivitas kendaraan-kendaraan besar yang hilir mudik ke sana ikut menyumbang percepatan kerusakan jalan menuju gerbang tol Karawang Barat, yang belakangan banyak dikeluhkan pengguna jalan. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template