LP2M STAI DR KHEZ Muttaqien: Pergantian Tahun Harusnya Diisi Kegiatan Produktif - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » LP2M STAI DR KHEZ Muttaqien: Pergantian Tahun Harusnya Diisi Kegiatan Produktif

LP2M STAI DR KHEZ Muttaqien: Pergantian Tahun Harusnya Diisi Kegiatan Produktif

Written By Mang Raka on Selasa, 03 Januari 2017 | 12.30.00

PURWAKARTA, RAKA - Momentum peralihan tahun 2016 ke 2017, harus dijadikan momentum kontemplasi spiritual. Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) STAI DR KHEZ. Muttaqien Purwakarta, Dede Supendi menilai, ada reduksi makna yang terjadi saat pergantian tahun, terutama bagi kalangan muda-mudi di Purwakarta.
Ia mengaggap, pergantian tahun selalu identik dengan hura-hura dan kegiatan hedonis lainnya. Hanya seremonial dan menghabiskan uang, muda-mudi hanya memilih kegiatan yang dianggap menyenangkan untuk waktu sesaat dan bersifat huru-hara. Padahal, seyogyanya pergantian tahun merupakan momentum evaluasi, proyeksi dan refleksi diri agar setahun kedepan dapat lebih baik dan produktif. "Berharap pergantian tahun maknanya tidak direduksi menjadi kegiatan yang tak produktif. Karena mestinya digunakan untuk membuat resolusi yang terarah, terukur dan sistematis sebagai bahan untuk melakukan hal yang positif dan bermanfaat selama setahun kedepan," kata dia, Senin (2/1).
Dede menjelaskan, tahun baru memiliki makna sebagai momentum hijrah, dari yang tidak baik menuju lebih baik. Maka yang perlu dilakukan adalah melakukan refleksi amaliah dan kontemplasi spritual. Jangan sebaliknya tahun baru diisi dengan kegiatan-kegiatan yang mubazir dan cenderung hura-hura yang tanpa syarat makna. Memasuki awal tahun, semua pihak harus merencanakan dan menentukan target yang dapat membaikan. Ini untuk meningkatkan kualitas hidup. "Sehingga peristiwa pergantian tahun harus menjadi spririt dalam menginternalisasi  momentum berharga dalam memaknai kehidupan," pungkasnya. (awk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template