Layanan Publik Buruk, Laporkan Via Online - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Layanan Publik Buruk, Laporkan Via Online

Layanan Publik Buruk, Laporkan Via Online

Written By Mang Raka on Jumat, 13 Januari 2017 | 19.23.00

KARAWANG, RAKA - Ada program baru yang akan diluncurkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Karawang. Program yang dinamakan 'Lapor' ini untuk kritik dan saran dari masyarakat, terkait kinerja dan pembangunan Pemerintah Kabupaten Karawang.
"Tahun ini program Lapor (Layanan Pengaduan Online Rakyat) harus sudah jalan. Kami akan buat berpubnya untuk kemudian disodorkan ke bupati," ujar Sekretaris Diskominfo Matin Abdul Rojak kepada Radar Karawang, Kamis (12/1).
Dia menilai, program tersebut baik untuk pembangunan Karawang, karena nanti masyarakat bisa melaporkan kondisi lingkungannya yang dinilai minim pembangunan. Dia mencontohkan seperti jalan rusak, kawasan kumuh dan lain sebagainya. "Jadi sistemnya gini, misalkan ada jalan bolong, masyarakat bisa kirim ke aplikasi itu tentu dengan foto dan keluhannya. Nanti kita akan langsung menerima informasi itu, begitu juga staf presiden, karena sistemnya nyambung langsung ke sana (staf presiden)," ujarnya.
Setelah mendapatkan info dari masyarakat, pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan instansi terkait, dan melaporkan keluhan tersebut kepada Bupati Karawang selaku penentu kebijakan. Tak hanya bupati, staf kepresidenan juga akan langsung menerima info tersbut. Jika sudah ditindaklanjuti maka akan muncul tampilan hijau. Sedangkan jika belum ditindaklanjuti, tampilan yang ada pada sistem staf kepresidenan akan tetap berwarna merah. "Ini memang sangat positif. Tapi, tentunya tidak semua laporan itu ditindaklanjuti, kalau yang sifatnya membully misalkan, kita tidak sampaikan ke bupati," ujarnya.
Untuk masyarakat yang menyampaikan informasi atau membuat laporan tersebut, sebelumnya harus mengisi identitas terlebih dulu secara lengkap. Agar pemerintah daerah bisa mengetahui secara detail sumber laporan tersebut. "Ini bisa diketahui secara umum. Siapa yang membuat laporan. Apa isi laporannya," ujarnya.
Untuk tim pengelolanya sendiri, di Karawang sudah ada tiga orang yang dilatih. Sehingga saat program ini berjalan, semuanya sudah siap. Karena target dari staf Kepresidenan, program ini harus berjalan tahun 2017. Bahkan beberapa kabupaten/kota di Indonesia, khususnya di Jawa Barat sudah ada yang berjalan. "Di Bandung, program ini sudah jalan. Ini keinginan pak presiden. Makanya yang mengelolanya langsung staf presiden," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template