Kantin Kejujuran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kantin Kejujuran

Kantin Kejujuran

Written By Mang Raka on Selasa, 31 Januari 2017 | 12.30.00

- Cara SMAN 5 Karawang Biasakan Siswa Berperilaku Jujur

KARAWANG, RAKA – Banyak cara dalam melatih kejujuran pada siswa, selain diberikan materi pelajaran di kelas, kejujuran juga bisa dilatih melalui perilaku. Salah satunya dengan membuat kantin kejujuran. Di kantin kejujuran ini, siswa Sekolah Menengah Atas Negeri  (SMAN) 5 Karawang Barat dilatih jujur saat jajan di kantin tersebut.
Korrdinator kantin jujur, Umi Hana menyampaikan, kantin jujur sengaja diberlakukan, agar untuk mengetahui sejauh mana siswa menanamkan kejujuran dalam dirinya. Karena untuk mengetahui hal tersebut, bukan hanya dilihat dari satu sudut pandang saja, melainkan bisa dinilai dari ucapan, perbuatan maupun sikap seseorang. “Makanya, kita bangun kantin kejujuran ini, ya untuk mengetahui sejauh mana siswa menanamkan nilai kejujuran itu sendiri,” katanya.
Dengan ruangan kantin yang tidak terlalu luas, hanya memerlukan tempat duduk bagi siswa lalu dihiasi dengan tulisan motivasi tentang kejujuran dan aneka macam makan mulai dari gorengan minuman dan beberapa makanan ringan lainnya. Uniknya, bagi guru yang akrab dipanggil Umi ini menjelaskan, kantin kejujuran tersebut sengaja tidak menggunakan jasa orang atau siswa untuk menjaga katin. Setiap pengunjung atau pembeli yang datang ke kantin mereka dibiasakan untuk mengambil makanan sendiri, membayar sendiri dan mengambil uang kembalian sendiri. “Semua serba sendiri, jadi disitulah melatih anak untuk jujur,” terangnya.
Bukan hanya itu, untuk makanan yang disediakan juga dibuka secara gratis bagi siapa saja yang ingin memasarkan dagangannya tersebut. Karena dengan seperti itu, menurutnya, akan menambah isi hiasan dari kantin kejujuran sendiri. “Karena masih baru juga, jadi isinya nggak sekumplit kaya di kantin sekolah yang lain, tapi kedepannya kalau sudah maju kita juga buat lebih banyak lagi jajanannya,” tuturnya.
Dia berharap, bahwa dengan adanya kantin kejujuran tersebut, bisa melatih siswa dalam menjadi kepribadian yang lebih baik lagi, terutama dalam kejujuran. Sebab, kejujuran datang bukan karena kemauan dari orang lain melainkan dari kesadaran diri sendiri. “Kejujuran adalah sumber kebaikan dan itu yang ibu terapkan kepada siswa selain lewat mata pelajaran agama dengan mempunyai akhlak yang baik, semoga bisa bermanfaat,” harapnya.
Keberadaan kantin kejujuran tersebut juga mendapatkan respon dari setiap siswa seperti yang disampaikan, Nenden Dasimah, kelas XII IPA 2. Bagi siswi yang memiliki wajah manis ini, kebaradaan kantin kejujuran itu sangat penting di sekolah. Karena itu, bisa melatih karakter siswa dalam kejujuran. “Menurut saya, kantin kejujuran di sekolah sangat penting, perannya untuk melatih karakter siswa, terutama dalam karakter kejujuran,” ungkapnya. (yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template