Kades Kamojing Bingung Kelola Dana Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Kamojing Bingung Kelola Dana Desa

Kades Kamojing Bingung Kelola Dana Desa

Written By Mang Raka on Selasa, 10 Januari 2017 | 15.30.00

-Tahun Ini Ternak Ikan Lewat BUMDes

CIKAMPEK, RAKA - Dana desa yang melimpah setiap tahun, ternyata tidak mudah mengelolanya. Seperti dialami Kepala Desa Kamojing, Kecamatan Cikampek, Charim. Selama dua tahun menjabat, tidak ada satupun program yang berhasil meningkatkan ekonomi masyarakat.
Meski begitu, Charim tidak patah arang. Tahun ini lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dia mencoba membuat program baru. "Di tahun ini kita akan buat peternakan atau bank sampah, bekerja sama dengan pengelola (BUMDes)," ucapnya kepada Radar Karawang, Senin (9/1) kemarin.
Menurutnya, program peternakan sudah dilakukan di tahun sebelumnya, namun terkendala dengan pengelolaan yang kurang baik, mengakibatkan program tersebut menjadi tersendat. Seperti halnya dana yang masih membeku di masyarakat untuk dana simpan pinjam, pihaknya tidak mau ambil resiko jika dana BUMDes untuk kedepannya akan digunakan untuk peternakan, yang akan dikelola beserta masyarakat. "Saya akan bicarakan supaya diadakannya peternakan ikan, karena keuntungannya sangat besar," ucapnya.
Ia mengatakan, keuntungan ternak ikan dalam sekali panen bisa mencapai Rp 7 juta, apalagi jika hal itu bisa dikembangkan lebih besar lagi. Bisa jadi keuntungan yang diperoleh bisa membantu perekonomian masyarakat. "Saya berharap semoga lebih baik lagi akan program-program yang akan dijalankan," harapnya.
Warga RT 05 RW 02, Masjum (75) mengatakan, dirinya lebih setuju jika dana BUMDes digunakan untuk peternakan. Karena jika digunakan untuk pengadaan bank sampah, menurutnya kurang tepat. "Pengadaan bank sampah bagus, namun alangkah bagus lagi mengutamakan peternakan," ucapnya.
Ia berharap pemerintah bisa maksimal menjalankan program tahun ini, karena tidak sedikit akibat dari kecerobohan program banyak yang terhenti. "Masyarakat hanya bisa mendukung apa yang pemerintah jalankan," ucapnya. (mg2)      


Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template